Taman Pintar Terapkan Jeda 5 Menit untuk Cegah Covid-19

Belum ada rencana penutupan Taman Pintar

Sleman, IDN Times - Untuk mencegah penyebaran COVID-19, Taman Pintar, salah satu dari tempat wisata di DIY yang banyak dikunjungi masyarakat terutama pelajar, mulai menerapkan aturan jeda 5 menit antar rombongan untuk mencegah penyebaran wabah mematikan tersebut. Selain jeda, pihak pengelola juga melepas karpet di masjid Taman Pintar

Baca Juga: LBH Yogyakarta: Mestinya Pemda DIY Tutup Sementara Pariwisata

1. Jeda 5 menit di Gedung Oval-Kotak

Taman Pintar Terapkan Jeda 5 Menit untuk Cegah Covid-19Doc/Holy Kartika N.S

Afia Rosdiana, Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar Yogyakarta dalam siaran persnya mengatakan aturan jeda 5 menit tersebut diberlakukan kepada setiap rombongan yang akan memasuki Gedung Oval-Kotak. Selain itu pihaknya juga menganjurkan untuk sering mencuci tangan melalui pengeras suara juga digalakkan.

"Semua pihak sudah berupaya semaksimal mungkin. Masyarakat harus peka dan menjalankan anjuran dari WHO dan pemerintah mulai dari diri sendiri agar situasi tetap kondusif," ungkapnya pada Minggu (15/3).

2. Sediakan handsanitizer di 25 titik

Taman Pintar Terapkan Jeda 5 Menit untuk Cegah Covid-19IDN Times/Tunggul Kumoro

Afia menerangkan, pihaknya juga telah menyediakan hand sanitizer atau antiseptik lebih dari 25 titik, wastafel dengan sabun di kamar mandi dan di beberapa titik. Selain itu juga rutin melakukan pembersihan menggunakan antiseptik secara berkala, terutama area yang sering dipegang.

"Masjid tanpa alas karpet yang dibersihkan setiap sebelum dan setelah waktu salat.Terbatasnya masker dan hand sanitizer di pasaran tidak menghalangi upaya Taman Pintar untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Taman Pintar dapat memproduksi hand sanitizer atau antiseptik sesuai dengan standar WHO untuk mencukupi kebutuhan," paparnya.

3. Belum ada rencana penutupan Taman Pintar

Taman Pintar Terapkan Jeda 5 Menit untuk Cegah Covid-19IDN Times/Tunggul Kumoro

Menurut Afia, sampai dengan saat ini pihaknya belum memiliki rencana untuk melakukan penutupan destinasi Taman Pintar. Meski belum ditutup, pihaknya akan memberlakukan pembatasan jam operasional.

"Jam operasional menjadi pukul 08.30 - 15.30 WIB untuk masyarakat hingga ada kebijakan lebih lanjut dari Pemerintah Kota Yogyakarta," katanya.

Baca Juga: Meraba Jejak BJ Habibie di Taman Pintar Yogyakarta

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya