Soft Launching KRL Jogja-Klaten dilakukan 10 November Mendatang

Jam operasional KRL dimulai pukul 04.00 WIB 

Sleman, IDN Times - Soft launching Kereta Api Rel Listrik (KRL) Jogja-Klaten akan dilakukan Selasa, 10 November 2020 mendatang. 

Kepala DAOP 6 PT KAI Yogyakarta, Asdo Artriviyanto menjelaskan setelah soft launching KRL Jogja - Klaten, pada akhir Desember 2020 nanti akan diluncurkan jalur Jogja-Solo.

"Akhir Desember diluncurkan jalur Jogja-Solo, Untuk operasional tahun 2021 mulai dilakukan 20 kali perjalanan per hari," ungkapnya usai melakukan audiensi dengan Bupati Sleman pada Senin (2/11/2020). Rencananya Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi akan datang. 

1. Rel listrik sudah mulai dibangun sejak bulan Juli 2020

Soft Launching KRL Jogja-Klaten dilakukan 10 November MendatangANTARA FOTO/Reno Esnir

Menurut Asdo, untuk pembangunan rel listrik sudah dilakukan sejak 21 Juli 2020 lalu. Pembangunan ini dimulai dari Stasiun Tugu hingga Stasiun Solo Balapan, saat ini telah sampai tahap penyelesaian.

"Pada awalnya kapasitas KRL baru 200 tempat duduk dengan 4 gerbong, melihat perkembangannya bisa mengangkut 800 sampai 1000 penumpang dengan 12 gerbong," katanya.

Baca Juga: Hari Kereta Api Nasional, Begini Sejarah Panjang PT KAI di Indonesia

2. KRL untuk meminimalkan beban kemacetan di jalan raya

Soft Launching KRL Jogja-Klaten dilakukan 10 November MendatangPT KAI DAOP 6 sat melakukan audiensi dengan Bupati Sleman. Dok: Humas Sleman

Program pembangunan KRL yang pertama kali di Jogja ini merupakan program untuk mengurangi beban kemacetan di jalan raya. 

Dari survei yang dilakukan, penumpang yang kebanyakan naik dari Stasiun Maguwoharjo, merupakan mahasiswa dan pegawai kantoran yang banyak bermukim pemukiman di wilayah Sleman bagian timur. 

"Daerah lain belum dibangun karena melihat jalur Jogja-Solo sangat potensial penumpangnya," terangnya.

3. Stasiun Kalasan akan dibuka kembali

Soft Launching KRL Jogja-Klaten dilakukan 10 November MendatangSejumlah calon penumpang berjalan menuju KRL Commuter Line di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Senin (14/9/2020) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Menurut Asdo, dimulainya pengoperasian KRL menuju Klaten da n Solo, operasional Stasiun Kalasan akan di buka kembali. Selain itu, stasiun Maguwoharjo dan Patukan juga akan lebih diintensifkan.

"Dilaporkan untuk operasional Kereta PRAMEX dilakukan oleh anak perusahaan PT KAI yakni PT KCI (Kereta komuter indonesia) mulai 1 Oktober 2020," paparnya.

 

Baca Juga: Wisatawan dari Luar Jogja, Dominasi Pelanggaran Protokol Kesehatan    

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya