2021, Sleman Bangun 95 Unit Rumah Layak Huni untuk Warga Miskin

Sebanyak 390 KK menerima bantuan RTLH

Sleman, IDN Times - Untuk mempercepat program pengentasan kemiskinan, tahun ini Kabupaten Sleman kembali membangun rumah layak huni. Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menjelaskan, selain membangun rumah kayak huni, Pemkab Sleman juga melakukan peningkatan rumah tidak layak huni (RTLH) di sejumlah kalurahan.

Baca Juga: Disdukcapil Sleman Tambah Jam Layanan Pengurusan Adminduk

1. Sebanyak 95 unit rumah dibangun

2021, Sleman Bangun 95 Unit Rumah Layak Huni untuk Warga MiskinPemkab Sleman serahkan bantuan RTLH. Dok: Humas Sleman

Menurut Kustini, pada tahun 2021 ini Pemkab Sleman mendapatkan  alokasi anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk membangun 95 unit rumah di 4 kalurahan. Selain itu, Pemkab Sleman juga melakukan peningkatan kualitas RTLH sebanyak 52 di dua kalurahan yang semuanya telah selesai 100 persen.

“Upaya penanganan RTLH ini akan terus dilakukan Pemkab Sleman dengan melibatkan berbagai pihak, baik pemerintah provinsi, pemerintah pusat maupun elemen masyarakat," ungkapnya saat meresmikan secara simbolis bantuan RTLH pada Senin (22/11/2021).

2. Diharap bisa mempercepat program pengentasan kemiskinan

2021, Sleman Bangun 95 Unit Rumah Layak Huni untuk Warga MiskinPemkab Sleman serahkan bantuan RTLH. Dok: Humas Sleman

Dengan adanya program ini, Kustini berharap dapat mempercepat program pengentasan kemiskinan dengan mewujudkan rumah yang layak huni bagi masyarakat miskin. Di mana dalam Undang-undang pun diatur bahwa setiap orang berhak untuk mendapatkan lingkungan hidup yang baik.

“Ini sesuai dengan Pasal 28 H ayat 1 disebutkan bahwa setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan," katanya.

3. Dana bantuan RTLH berasal dari berbagai sumber

2021, Sleman Bangun 95 Unit Rumah Layak Huni untuk Warga MiskinIlustrasi Uang Rupiah (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kabupaten Sleman, Amperawan Kusjadmikahadi, menjelaskan dana bantuan RTLH ini bersumber dari APBD Sleman, APBD DIY, BSPS, DAK dan BAZNAS Sleman, dengan total anggaran Rp15,54 miliar.

Adapun rinciannya, penerima bantuan RTLH dari APBD Sleman sebanyak 390 KK dengan anggaran Rp5,85 miliar, dari DAK sebanyak 147 KK dengan anggaran Rp2,94 miliar, dari BSPS ada 273 KK dengan anggaran Rp5,46 miliar, Baznas Sleman sebanyak 20 KK dengan anggaran Rp300 juta, dan APBD DIY sebanyak 66 KK dengan anggaran Rp990 juta.

Dia juga menjelaskan bahwa jumlah penerima bantuan RTLH yang bersumber dari DAK ada sebanyak 147 KK yang tersebar di 5 kalurahan. Di antaranya kalurahan Sidoarum 28 KK, Sidoagung 39 KK, Tirtoadi 26 KK, Banyuraden 27 KK dan Sardonoharjo 27 KK.

Baca Juga: Lazizmu Sulap Lahan Tidur di Sleman untuk Budidaya Porang 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya