Sempat Diduga Tenggelam, Lelaki Asal Godean Ditemukan Linglung di Turi

Basarnas sempat kerahkan 50 personel untuk pencarian

Sleman, IDN Times - Supardi (41), warga Sidoarum, Godean, Sleman yang sebelumnya diduga tenggelam di Sungai Bedog pada Minggu (24/5) ditemukan dengan selamat di Turi.

Humas Basarnas DI Yogyakarta, Pipit Eriyanto menjelaskan, saat ditemukan oleh petugas kepolisian setempat, Supardi terlihat bingung saat ingin pulang ke rumahnya. 

Baca Juga: Pria Tenggelam di Sungai Bedog, Basarnas DIY Kerahkan 30 Personel

1. Tim SAR telah lakukan penyusuran sungai selama 3 hari

Sempat Diduga Tenggelam, Lelaki Asal Godean Ditemukan Linglung di TuriPencarian korban tenggelam di sungai Bedog oleh personil Basarnas DIY. Dok: Basarnas DIY

Pipit menjelaskan, awalnya pada Selasa (25/5) pihaknya mendapatkan laporan satu orang terduga tenggelam di sungai Bedog. Hal tersebut dilatarbelakangi penemuan sandal serta baju Supardi di pinggir sungai oleh keluarga dan warga setempat.

Mendapat laporan tersebut, Kantor Basarnas DIY langsung menerjunkan puluhan personel untuk melakukan penyusuran sungai. Namun, hingga memasuki hari ketiga, Supardi tidak kunjung ditemukan.

"Memasuki hari ketiga, sebanyak 50 personel Tim SAR Gabungan dari berbagai unsur dikerahkan untuk melalukan pencarian. Selain melakukan pencarian di Sungai Bedog, tim SAR gabungan juga menyebarkan informasi ke seluruh daerah di wilayah Kabupaten Sleman," ungkapnya pada Kamis (28/5) malam.

2. Tim SAR dapat laporan penemuan orang di Turi

Sempat Diduga Tenggelam, Lelaki Asal Godean Ditemukan Linglung di TuriSupardi dijemput oleh Tim SAR di Polsek Turi. Dok: Basarnas DIY

Menurut Pipit, setelah operasi pencarian ditutup sementara pada pukul 17.30 WIB dan diputuskan akan dilanjutkan keesokan harinya, pada pukul 17.40 WIB timnya mendapatkan informasi dari Polsek Turi berkenaan dengan penemuan seseorang yang diduga bingung di bumi perkemahan lembah Merapi Sidorejo, Girikerto, Turi.

Mendapatkan informasi tersebut, Tim SAR bersama keluarga Supardi langsung menuju ke Polsek Turi untuk memastikan bawa orang yang ditemukan merupakan Supardi, warga Godean yang sempat diduga tenggelam beberapa hari sebelumnya.

"Setelah keluarga korban melihat orang tersebut keluarga memastikan orang tersebut adalah survivor Supardi yang hilang 3 hari yang lalu," paparnya

3. Operasi pencarian ditutup

Sempat Diduga Tenggelam, Lelaki Asal Godean Ditemukan Linglung di TuriSupardi dijemput oleh Tim SAR di Polsek Turi. Dok: Basarnas DIY

Sementara itu, Kasubsi Basarnas Yogyakarta, Asnawi Suroso menerangkan, Supardi bisa sampai ke titik penemuan di Turi lantaran yang bersangkutan menyusuri ke hulu Sungai Bedog yang jaraknya kurang lebih 20 km dari lokasi ditemukan sandal dan baju yang bersangkutan.

"Pada pukul 20.00 WIB korban diserahkan kepada keluarga. Dengan ditemukannya Supardi, maka operasi SAR dinyatakan ditutup dan unsur yang terlibat di kembalikan ke kesatuannya masing-masing," jelasnya.

Baca Juga: [UPDATE] 28 Mei, Pasien COVID-19 yang Sembuh di DIY Bertambah 8 Orang

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya