Selesai Isolasi di RS, Warga Sumbersari Ditolak Pulang ke Rumah      

Tetangga takut tertular virus corona 

Sleman, IDN Times - Sejumlah warga di Sumbersari, Moyudan Sleman melakukan penolakan terhadap tetangganya yang sudah selesai menjalani isolasi selama 10 hari di salah satu rumah sakit di Sleman.

Kepala UPTD Puskesmas Moyudan Desi Arijadi menjelaskan penolakan warga tersebut terjadi pada Rabu (5/8/2020) karena dipicu kekhawatiran jika pasien yang bersangkutan menularkan virus corona.

1. Salah satu pasien positif asimtomatik (OTG) pulang untuk jalani karantina mandiri

Selesai Isolasi di RS, Warga Sumbersari Ditolak Pulang ke Rumah      ilustrasi ruang isolasi COVID-19. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Penolakan berawal setelah salah satu pasien asimtomatik (orang tanpa gejala) akan pulang untuk menjalani karantina mandiri setelah melakukan isolasi di rumah sakit  selama 10 hari.

Menurut Desi merujuk panduan yang dikeluarkan oleh Kemenkes, aturan di Sleman tentang dengan pasien asimtomatik lebih ketat. Berdasarkan Kemenkes pasien asimtomatik bisa karantina mandiri di rumah, tapi di Sleman harus terlebih dahulu menjalani karantina di faskes selama 10 hari.

"Aturannya kan sudah jelas, di Sleman itu pasien sudah 10 hari di RS dan sisa 4 hari di rumah. Pasiennya ini tanpa gejala mungkin warga takut kalau menular," terangnya.

Baca Juga: Okupansi Hotel di Sleman Masih 15 Persen, MICE Belum Ada Peningkatan  

2. Berikan edukasi ke warga

Selesai Isolasi di RS, Warga Sumbersari Ditolak Pulang ke Rumah      Ilustrasi tenaga kesehatan. ANTARA FOTO/Fauzan

Menurut Desi, ketika pasien pulang untuk melakukan sisa isolasi di rumah, pihaknya tidak akan begitu saja membiarkan tanpa melakukan pengawasan. Terdapat aturan khusus berkaitan dengan isolasi warga ketika sudah pulang ke rumah, seperti harus tetap menjaga jarak dengan keluarga lain, pakai masker dan sebagainya.

Adanya penolakan warga tersebut, pihaknya harus turun tangan untuk memberikan edukasi dan pemahaman agar tidak terjadi lagi penolakan.

"Kita harus mengoondisikan warga karena ada yang paham dan tidak paham. Kalau saat ini warga sudah mulai menerima dan pasien yang bersangkutan sudah pulang ke rumah," paparnya.

3. Warga tidak perlu lakukan penolakan

Selesai Isolasi di RS, Warga Sumbersari Ditolak Pulang ke Rumah      Ilustrasi corona (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Novita Krisnaini menyatakan warga tidak perlu melakukan penolakan kepada pasien yang pulang ke rumah setelah menjalani isolasi di faskes, lantaran protap sudah diatur. 

"Kita sebenarnya sudah memiliki gugus tugas kecamatan dan dusun yang memberikan edukasi kepada masyarakat. Sebenarnya akhir-akhir ini masyarakat mayoritas sudah menerima," katanya.

Baca Juga: 2 Wisatawan Tewas dan 5 Hilang Tergulung Ombak di Pantai Cemara  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya