Seleksi CPNS, 25 Formasi di Pemkab Sleman Sepi Peminat

Formasi dokter spesialis sepi peminat

Sleman, IDN Times - Sebanyak 25 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tingkat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman tidak memiliki peminat sama sekali. Beberapa diantaranya merupakan formasi untuk disabilitas, dan dokter spesialis. 

Baca Juga: Pendaftaran Segera Dibuka, Ini Daftar Rincian Gaji untuk CPNS 2019!

1. Formasi kosong bisa diisi formasi umum

Seleksi CPNS, 25 Formasi di Pemkab Sleman Sepi PeminatSimulasi Tes CAT yang diadakan Kantor Regional I BKN pada Kamis (5/12). IDN Times/Siti Umaiyah

Suyono, Plt Kepala BKPP Sleman mengungkapkan, menurut hasil verifikasi data pendaftaran CPNS di Kabupaten Sleman, dari 9.015 pelamar ada sebanyak 7.813 pelamar yang telah dinyatakan lolos tahap administrasi.

Akan tetapi, dari hasil tersebut juga diketahui adanya 25 formasi yang tidak memiliki pelamar. Beberapa diantaranya adalah formasi disabilitas yang meliputi guru, apoteker, pengadaan barang dan jasa.

"Selain formasi disabilitas, formasi untuk dokter spesialis bedah mulut, dan ortopedi kemungkinan juga tidak ada pelamar. Nanti jadi kewenangan dari Panselnas. Kita tidak tahu kenapa tidak ada peminat, padahal kita buka secara online, " ungkapnya pada Senin (16/12).

2. Bagi pelamar yang tidak lolos, diberikan waktu sanggah 3 hari

Seleksi CPNS, 25 Formasi di Pemkab Sleman Sepi PeminatSimulasi Tes CAT yang diadakan Kantor Regional I BKN pada Kamis (5/12). IDN Times/Siti Umaiyah

Suyono juga memaparkan, bagi pelamar yang dinyatakan tidak lolos pada seleksi berkas yang diumumkan hari ini, bisa menggunakan haknya untuk melakukan sanggahan selama 3 hari. Waktu sanggah dilakukan terhitung sejak tanggal 17 Desember.

"Yang jelas sudah dibuka di pengumuman. Kita beri waktu yang tidak lulus untuk berikan sanggahan. Mekanisme sanggah selama 3 hari. Sanggah lewat Web BKPP, kita jawab secara online, " katanya.

Lebih lanjut Suyono menjelaskan, nantinya bagi pelamar yang sudah dinyatakan lolos diseleksi administrasi, bisa mempersiapkan untuk tahap seleksi berikutnya, yang meliputi seleksi SKD dan SKB.

"Tahap seleksi berikutnya di bulan Januari dan Februari, tapi nunggu dari Panselnas. Sedangkan untuk pemberkasan baru nanti dilakukan saat dia sudah diterima CPNS, " katanya

3. BKPP Sleman himbau peserta tak tergiur iming-iming lolos dengan imbalan tertentu

Seleksi CPNS, 25 Formasi di Pemkab Sleman Sepi PeminatSimulasi Tes CAT yang diadakan Kantor Regional I BKN pada Kamis (5/12). IDN Times/Siti Umaiyah

Suyono menghimbau, bagi pelamar yang sudah dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi, untuk bisa mempersiapkan diri dengan baik. Selain itu, Suyono juga menghimbau agar para pelamar tidak tergiur dengan iming-iming bisa diloloskan dengan syarat imbalan tertentu.

"Siapkan dengan baik supaya besok berhasil dan lulus jadi CPNS. Tidak usah tergiur orang yang bisa memasukkan atau bisa membantu lolos sebagai CPNS dengan minta imbalan apapun. Semua sudah dilakukan secara transparan," ungkapnya

Baca Juga: Hingga Bulan Desember, Dua Kementerian ini Sepi Pelamar CPNS

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya