Selasa Pagi, Awan Panas Merapi Meluncur Sejauh 1,8 Km

Punya jarak luncur paling jauh dibandingkan sebelumnya

Sleman, IDM Times - Pada Selasa (19/1/2021) dini hari, Gunung Merapi tercatat mengeluarkan awan panas guguran sejauh 1,8 km.

Dibandingkan dengan sebelumnya, jarak luncur awan panas guguran kali ini merupakan yang paling jauh sejak Gunung Merapi berada dalam fase erupsi baru 2021.

Baca Juga: Guguran Lava Pijar Gunung Merapi Jadi Tujuan Wisata Baru di Sleman

1. Tinggi kolom tercatat 500 meter di atas puncak

Selasa Pagi, Awan Panas Merapi Meluncur Sejauh 1,8 KmDok. BPPTKG

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida menjelaskan, awan panas guguran ini terjadi pada pukul 02.27 WIB, di mana luncurannya mengarah ke Barat Daya, Kali Krasak Boyong. Untuk tinggi kolom awan panas, tercatat 500 meter di atas puncak.

"Awan panas tercatat di seismogram dengan amplitudo 60 mm dan durasi 209 detik. Jarak luncur +1800 meter ke arah Barat Daya," ungkapnya pada Selasa (19/1/2021).

2. BPPTKG catat ada 30 kali guguran lava pijar

Selasa Pagi, Awan Panas Merapi Meluncur Sejauh 1,8 KmDok. BPPTKG

Selain awan panas guguran, BPPTKG juga mencatat ada sebanyak 30 kali guguran lava pijar pada periode pengamatan 00.00-06.00 WIB. Untuk jarak luncur guguran lava pijar ini maksimum sejauh 900 meter.

"Teramati guguran lava pijar 30 kali dengan jarak luncur 300-900 meter ke Barat Daya," katanya.

3. Potensi bahaya berada di sektor Selatan-Barat Daya

Selasa Pagi, Awan Panas Merapi Meluncur Sejauh 1,8 KmANTARA FOTO/Agus Sarnyata

Hingga saat ini, BPPTKG masih menetapkan status Gunung Merapi dalam tingkat Siaga, di mana potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awanpanas pada sektor Selatan-Barat Daya meliput Sungai Boyong, Bedog, Krasak Bebeng dan Putih sejauh maksimal 5 kilometer.

"Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak," paparnya.

Baca Juga: 10 Potret Indahnya Lava Pijar Merapi, Pesona di Tengah Potensi Bahaya

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya