Comscore Tracker

Selamat, 2.925 Calon Mahasiswa Diterima di UGM Melalui Jalur SBMPTN 

Kedokteran jadi prodi dengan peminat terbanyak

Sleman, IDN Times - Universitas Gadjah Mada (UGM) menerima ribuan calon mahasiswa program sarjana melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Djagal Wiseso Marseno mengungkapkan sebanyak 2.925 calon mahasiswa baru lolos hasil seleksi melalui jalur ini.

Baca Juga: Pentingkah Menggunakan Behel? Ini Kata Dokter Spesialis Ortodonti UGM

1. Total peminat di UGM sebanyak 61.277 orang

Selamat, 2.925 Calon Mahasiswa Diterima di UGM Melalui Jalur SBMPTN Peserta ikuti UTBK di UGM. Dok: Humas UGM

Tahun ini peminat SBMPTN yang ingin masuk ke UGM sebanyak 61.277 orang. Dari data tersebut yang diterima melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah sebanyak 484 dan dari program reguler sebanyak 2.441 pendaftar.

"Bagi calon mahasiswa yang diterima di UGM harus melakukan registrasi melalui http://simaster.ugm.ac.id untuk melengkapi biodata dan mengunggah dokumen-dokumen kelengkapan," ungkapnya pada Senin (14/6/2021).

2. Kedokteran jadi prodi dengan peminat terbanyak

Selamat, 2.925 Calon Mahasiswa Diterima di UGM Melalui Jalur SBMPTN ugm.ac.id

Menurut Djagal, tahun ini kedokteran menjadi prodi dengan peminat terbanyak untuk Saintek. Sementara untuk sosial dan hukum peminat terbanyak ditempati oleh Prodi Psikologi.

"Jumlah peminat terbanyak untuk Saintek adalah Kedokteran, Farmasi, Teknik Sipil, Teknologi Informasi dan Gizi Kesehatan. Sedangkan untuk Soshum meliputi Prodi Psikologi, Hukum, Manajemen, Akungtansi dan Ilmu Komunikasi," katanya.

3. UPN terima 1.822 calon mahasiswa baru

Selamat, 2.925 Calon Mahasiswa Diterima di UGM Melalui Jalur SBMPTN upnyk.ac.id

Sementara tahun ini Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) juga menerima ribuan calon mahasiswa dari jalur SBMPTN. Total ada sebanyak 1.822 calon mahasiswa baru yang diterima di UPNVY.

Mohamad Irhas Effendi, Rektor UPNVY mengatakan tahun 2021 ini jumlah pendaftar di UPNVY melalui jalur SBMPTN mencapai 26.769 pendaftar. Dengan perincian pendaftar untuk Program Studi (Prodi) Sains dan Teknologi (Saintek) mencapai 13.443, dan pendaftar untuk Prodi Sosial dan Humaniora (Soshum) sebanyak  13.326 pendaftar.

"Dilihat dari jumlah pendaftar dan yang diterima, hal ini menunjukkan bahwa kuantitas dan kualitas pendaftar yang ingin menjadi mahasiswa UPNVY bisa dibilang terus meningkat,” paparnya.

Baca Juga: UGM Kembali Sabet Gelar Universitas Terbaik Indonesia Versi QS WUR

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya