Comscore Tracker

PPKM Level 3, Sekolah di Sleman Diminta Siap-Siap Jalani PTM

Sudah banyak siswa dan guru yang divaksinasi

Sleman, IDN Times - Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman mulai melakukan berbagai persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM). Hal ini seiring dengan turunnya level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Sleman ke level 3 sekaligus semakin banyaknya siswa dan guru yang sudah mendapatkan vaksinasi.

Baca Juga: 10 Kalurahan di Sleman Masih Berstatus Zona Merah

1. Sekolah sudah diminta bersiap

PPKM Level 3, Sekolah di Sleman Diminta Siap-Siap Jalani PTMIlustrasi siswa (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery Widaryana menyampaikan, saat ini para sekolah sudah kembali diminta bersiap-siap melaksanakan pembelajaran tatap muka. Seperti halnya melakukan pengecekan kembali sarana prasarana yang dimiliki, mengecek apakah semua guru dan siswa sudah divaksinasi serta mengatur SOP yang nanti akan diterapkan.

"Sekolah sudah kami imbau untuk siap-siap tatap muka. Yang dulu sebenarnya sudah siap, kita tekankan kembali untuk ditinjau kembali persiapan yang sudah ada," ungkapnya pada Rabu (8/9/2021).

2. Sudah siapkan laporan ke Bupati

PPKM Level 3, Sekolah di Sleman Diminta Siap-Siap Jalani PTMKepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery Widaryana IDN Times/Siti Umaiyah

Ery menyebutkan, pihaknya pun telah mengundang kapanewon, pengawas, kepala sekolah dan lain sebagainya untuk melakukan koordinasi. Selain itu, nota dinas yang ditujukan kepada Bupati terkait pelaporan kesiapan pembelajaran tatap muka juga telah disusun. Nantinya, Bupati lah yang akan menentukan kebijakan pembelajaran tatap muka di Sleman.

"Nanti sebagai pertimbangan bagaimana Bupati membuat kebijakan sesuai dengan pelaksanaan yang masih berlangsung di level 3," terangnya.

Baca Juga: Sleman Siapkan Uji Coba Operasional 25 Destinasi Wisata

3. Vaksinasi pelajar diperkirakan selesai 12 September

PPKM Level 3, Sekolah di Sleman Diminta Siap-Siap Jalani PTMIlustrasi pelajar mengikuti vaksinasi. (Istimewa)

Melihat capaian vaksinasi guru, tenaga kependidikan dan pelajar di Sleman, Ery mengatakan jika saat ini vaksinasi guru dan tenaga kependidikan mencapai 92-94 persen. Sedangkan bagi pelajar SMP, vaksinasi mencapai 72,48 persen. 

"Ini berjalan terus. Diharapkan 12 September sudah selesai dan nanti tinggal menyasar yang belum. Belum divaksinasi karena terpapar belum 3 bulan, kemarin saat pelaksanaan sakit, atau tidak diijinkan orangtua. Nanti kita data kembali," paparnya. 

 

4. Telah mengisi form kesediaan tatap muka

PPKM Level 3, Sekolah di Sleman Diminta Siap-Siap Jalani PTMIlustrasi sekolah tatap muka (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Sementara itu, Kepala SMPN 3 Prambanan, Nurani menjelaskan terkait pembelajaran tatap muka jika saat ini pihaknya sudah kembali melakukan persiapan. Form kesediaan tatap muka pun juga telah diisi.

Berkaitan dengan vaksinasi, dari 272 siswa yang ada, sebagian sudah mengikuti vaksinasi di kalurahan. Sebagian lain ada yang penyintas COVID-19 maupun belum berusia 12 tahun. Bagi yang belum vaksinasi, juga sudah dijadwalkan untuk bisa mengikuti vaksinasi Jumat (10/9/2021) pagi di SMPN 2 Prambanan.

"Guru 100 persen (divaksinasi). Tapi tendik 1 orang belum bisa karena alasan sakit," paparnya.

Baca Juga: Peserta Vaksinasi Dosis 2 Ditolak Puskesmas, Ini Kata Dinkes Sleman

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya