Satu Siswa Positif, Disdik Sleman Swab 1 Kelas SMP di Pakem 

Besok 15 murid dan guru pengajar swab massal  

Sleman, IDN Times - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sleman berencana melakukan tes swab massal kepada siswa satu kelas sebuah SMP di Kapanewon Pakem. Tes dilakukan besok Selasa (26/10/2021) menyusul adanya satu siswa yang dinyatakan positif COVID-19 saat dilakukan swab sampling pada Kamis (21/10/2021) lalu.

1. Ada sekitar 15 siswa

Satu Siswa Positif, Disdik Sleman Swab 1 Kelas SMP di Pakem Ilustrasi siswa (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Kepala Disdik Sleman Ery Widaryana mengatakan swab massal akan dilakukan sebanyak 15 siswa. Selain siswa, guru yang sempat mengajar di kelas turut diswab.

"Teman sekelasnya ini sebelumnya sudah isolasi di rumah," ungkapnya pada Senin (25/10/2021).

Selanjutnya, jika ditemukan siswa lain terbukti positif COVID-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman akan melakukan tracing lanjutan.

Baca Juga: Puluhan Bus hingga Motor Putar Balik di Tempat Wisata Sleman  

2. Akan lakukan sterilisasi

Satu Siswa Positif, Disdik Sleman Swab 1 Kelas SMP di Pakem Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery Widaryana IDN Times/Siti Umaiyah

Selain swab massal, dinas pendidikan akan melakukan sterilisasi kelas dan lingkungan sekolah. Selanjutnya dilakukan evaluasi dan kajian bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman tentang ketentuan kapan sekolah memulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas.

"Setelah swab besok, sekolah disterilisasi. Lalu kita koordinasi dengan dinas kesehatan, rekomendasinya bagaimana. Kalau sudah aman dibuka, ya akan kita buka," katanya.

3. Minta protokol kesehatan jadi perhatian

Satu Siswa Positif, Disdik Sleman Swab 1 Kelas SMP di Pakem Ilustrasi uji coba pembelajaran tatap muka (PTM). (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Agar tidak ada kasus penularan kasus COVID-19, dinas pendidikan kembali mengimbau agar orang tua memastikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 diterapkan dengan tertib. 

"Bukan hanya di sekolah, tetapi di rumah juga dan di mana saja," paparnya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya