Sardjito: Tidak Ada Pasien Positif Covid-19 yang Dirawat  

Di DIY belum ada yang tertular Covid-19 

Sleman, IDN Times - RSUP dr. Sardjito menekankan sampai saat ini belum ada pasien yang positif terkena Covid-19 yang dirawat di Sardjito. Dari lima pasien yang sempat ditangani karena terindikasi Covid-19, keseluruhannya dinyatakan negatif. Sedangkan satu orang terakhir yang saat ini tengah dirawat, belum dinyatakan sebagai suspect.

Baca Juga: Antisipasi Covid-19, Rimpang Dapat Tingkatan Daya Tahan Tubuh

1. Lima pasien dinyatakan negatif Covid-19

Sardjito: Tidak Ada Pasien Positif Covid-19 yang Dirawat  Ika Trisnawati, Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Paru, RSUP dr. Sardjito. IDN Times/Siti Umaiyah

Ika Trisnawati, Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Paru, RSUP dr. Sardjito menjelaskan lima orang yang sebelumnya dirawat di RSUP dr. Sardjito, terdiri dari empat orang WNA dan satu orang WNI. Untuk WNA, saat ini sudah pulang ke negaranya masing-masing, dan satu orang WNI dalam kondisi baik.

"Yang dirawat kriteria pengawasan lima orang sebelumnya hasilnya negatif Covid-19, yang kemudian WNA sudah pulang ke negara asal," terangnya pada Selasa (3/3).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Ada 50 Juta Masker di Indonesia

2. Satu pasien yang tengah dirawat dalam kondisi stabil

Sardjito: Tidak Ada Pasien Positif Covid-19 yang Dirawat  RSUP dr Sardjito saat mengelar jumpa pers di Gedung Admnistrasi Pusat, RSUP dr. Sardjito pada Selasa (3/3). IDN Times/Siti Umaiyah

Ika mengungkapkan, saat ini masih ada satu pasien yang dirawat di RSUP dr. Sardjito. Pasien tersebut berjenis kelamin perempuan dan berumur 73 tahun, yang baru saja pulang  umrah pada 1 Maret lalu.

Menurut Ika, pasien yang bersangkutan saat ini telah diisolasi sesuai dengan standar yang diterapkan oleh WHO. 

"Pasien yang bersangkutan kemungkinan terkena infeksi paru, dan kondisinya saat ini stabil. Sebelumnya pasien tidak mau makan minum, lemahnya karena dehidrasi. Sampel dahaknya sudah dikirim ke Litbangkes," ungkapnya.

3. Belum ada pasien positif Covid-19 di DIY

Sardjito: Tidak Ada Pasien Positif Covid-19 yang Dirawat  RSUP dr Sardjito saat mengelar jumpa pers di Gedung Admnistrasi Pusat, RSUP dr. Sardjito pada Selasa (3/3). IDN Times/Siti Umaiyah

Sementara itu, Rukmono Siswishanto Plt Direktur Utama RSUP dr Sardjito mengungkapkan, sampai saat ini belum ada satu pun pasien yang positif terjangkit Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Untuk itu, dirinya meminta masyarakat jangan panik atau bahkan melakukan hal yang irasional, seperti memborong masker maupun antiseptik.

" Hingga saat ini belum ada pun satu kasus di DIY yang positif Covid-19. Makanya masyarakat harus tetap tenang," jelasnya.

Baca Juga: Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini 5 Khasiat Konsumsi Jahe

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya