Sardjito Pastikan Pasien Rujukan dari JIH Tak Terjangkit Virus Corona

Kondisi pasien sudah membaik

Sleman, IDN Times - RSUP dr Sardjito pada Selasa (28/1) sekitar pukul 15.00 WIB telah menerima rujukan dari RS JIH berkaitan dengan dugaan pneumonia, salah satu gejala virus corona baru, 2019-nCoV.

Kepala Hukum dan Humas RSUP dr Sardjito, Banu Hermawan menjelaskan, setelah ada pemeriksaan lebih lanjut, penyakit yang diderita pasien balita yang juga berasal dari Shanghai, Tiongkok, tidak mengarah pada 2019-nCoV.

Baca Juga: Terima Pasien Dugaan Pneumonia, RS JIH Rujuk ke RSUP Dr Sardjito

1. Rujukan sebagai langkah antisipasi

Sardjito Pastikan Pasien Rujukan dari JIH Tak Terjangkit Virus CoronaIGD RSUP dr. Sardjito. IDN Times/Siti Umaiyah

Banu menerangkan, rujukan yang dilakukan oleh rumah sakit sebelumnya merupakan langkah koordinasi, di mana RSUP dr Sardjito menjadi salah satu dari 100 rumah sakit yang ditunjuk Kemenkes untuk bisa menangani pasien 2019-nCoV. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, penyakit pasien tidak mengarah ke 2019-nCoV. Keadaan pasien saat ini juga sudah membaik.

"Pasien belum menunjukkan corona virus. Untuk saat ini masih dalam kategori penanganan biasa, walaupun ditempatkan di isolasi. Untuk penanganannya biasa, bukan standar corona, karena tidak tanda-anda ke sana (2019-nCoV)," ungkapnya pada Rabu (29/1).

2. Kondisi pasien semakin membaik

Sardjito Pastikan Pasien Rujukan dari JIH Tak Terjangkit Virus CoronaJumpa Pers di RSUP dr Sardjito. IDN Times/Siti Umaiyah

Dokter Spesialis Paru Anak, Amelia Setiati menjelaskan, saat datang pada Selasa sore, pasien balita berumur 3 tahun dalam kondisi demam dan batuk. Namun untuk gejala sesak napas tidak ada. Karena pasien tersebut tidak mau makan dan minum, maka dari RSUP dr Sardjito melakukan perawatan.

"Mungkin karena cuaca berbeda. Indikasi tidak mau makan minum. Kondisi saat ini tidak demam, sudah mau makan, infus sudah dilepas, batuk sudah berkurang," jelasnya.

3. Tetap kirimkan sampel ke Jakarta

Sardjito Pastikan Pasien Rujukan dari JIH Tak Terjangkit Virus CoronaPasien saat memeriksakan diri ke RSUP dr. Sardjito. IDN Times/Siti Umaiyah

Amalia menjelaskan, jika kondisi pasien sudah cukup membaik pada Kamis besok, maka sudah bisa dipulangkan. Namun, sebagai langkah antisipasi pihaknya tetap mengirimkan sampel darah dan usap tenggorokan serta hidung pasien ke Jakarta. Untuk hasilnya sendiri akan diketahui pada Kamis. 

"Dia ada gejala flu, tetap kita ambil sampel. Tidak ada tanda-tanda pneumonia. Kalau besok sudah sehat dipulangkan. Kebetulan pasien sejak datang dari Tiongkok belum ke mana-mana dan hanya berniat liburan," katanya.

Baca Juga: 2019-nCoV, Virus Corona Baru yang Satu Keluarga dengan MERS dan SARS

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya