Sambut New Normal, Wisata Tebing Breksi Siapkan 55 Wastafel 

Pengelola Tebing Breksi siapkan SOP untuk pengunjung

Sleman, IDN Times - Pengelola wisata Tebing Breksi telah menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) menyambut kebijakan dibukanya kembali objek wisata saat new normal. Salah satu wisata primadona di DIY ini telah melakukan beberapa pembenahan dan menambah fasilitas tambahan untuk mencegah penularan COVID-19.

Mujimin Ketua Pokdarwis Sambirejo memaparkan, setidaknya terdapat beberapa SOP yang telah selesai dibuat dan harus dipatuhi semua pihak jika Tebing Breksi kembali dibuka. SOP tersebut meliputi SOP bagi pengunjung, SOP bagi pengelola, SOP kuliner, SOP jeep wisata dan yang lainnya.

1. 55 wastafel tersebar di 15 titik

Sambut New Normal, Wisata Tebing Breksi Siapkan 55 Wastafel Tebing Breksi. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Mujimin, fasilitas pendukung yang telah disiapkan seperti menyiapkan 55 wastafel di 15 titik, pengadaan alat pengecek suhu tubuh, penyediaan APD bagi pengelola, pembuat imbauan melalui audisi visual, pendirian posko kesehatan dan lain sebagainya.

"Bagi pengunjung, diwajibkan memakai masker, setiap mau masuk dicek suhu tubuh dilanjutkan turun untuk cuci tangan. Lalu, kita juga berikan imbauan melalui pengeras suara agar pengunjung melakukan social distancing," ungkapnya pada Jumat (12/6).

Baca Juga: Masuk Malioboro, Kini Wajib Masker dan Pindai Barcode

2. Ingin menginap di Balkondes, harus sertakan Surat Keterangan Sehat

Sambut New Normal, Wisata Tebing Breksi Siapkan 55 Wastafel Tebing Breksi. IDN Times/Siti Umaiyah

Mujimin menjelaskan, bagi para pengunjung yang berencana menginap di Balkondes, yang lokasinya juga di area wisata Tebing Breksi, diwajibkan untuk membawa surat keterangan sehat. Selain itu, sebelum diizinkan menginap, pihak pengelola juga akan meminta informasi riwayat perjalanan pengunjung sebelumnya.

"Kalau mau menginap, bawa surat keterangan sehat. Kita juga akan cek riwayat perjalanan. Kita juga sudah bekerja sama dengan Puskesmas setempat," katanya.

3. Sudah sesuai protokol kesehatan COVID-19

Sambut New Normal, Wisata Tebing Breksi Siapkan 55 Wastafel Tebing Breksi. IDN Times/Siti Umaiyah

Bupati Sleman Sri Purnomo langsung mengecek kesiapan wisata Tebing Breksi menghadapi New Normal. Sri Purnomo menyatakan saat ini protokol COVID-19 di Tebing Breksi sudah sesuai dengan ketentuan. Menurut Bupati, karena area Tebing Breksi sangat luas, penerapan social distancing sangat dimungkinkan dijalankan dengan baik.

"Kita melihat beberapa lokasi di area Tebing Breksi sudah sesuai standar pencegahan COVID-19. Sudah tidak ada lagi keraguan jika sewaktu-waktu dibuka. Nanti ketika sudah dibuka, kita juga akan siapkan tim untuk melakukan pemantauan," katanya.

Baca Juga: Dua Tempat Wisata Candi Dibuka, Angin Segar bagi Pelaku Wisata

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya