Sah, 3 Bapaslon Siap Warnai Kontestasi Pilkada Sleman 2020

Tinggal menunggu penetapan pasangan calon pada 23 September

Sleman, IDN Times - Tiga bakal pasangan calon (bapaslon) siap mewarnai kontestasi Pilkada Sleman 2020. 3 bapaslon tersebut yakni Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa, Sri Muslimatun-Amin Purnama, serta Danang Wicaksana Sulistya-Agus Choliq.

Dari tiga nama bacalon Bupati, satu di antaranya merupakan istri dari Bupati petahana (Kustini), satu lainnya merupakan Wakil Bupati petahana (Muslimatun) serta satu orang terakhir merupakan politikus Partai Gerindra (Danang Wicaksana).

Baca Juga: Tak Gentar Lawan Petahana, DWS-ACH Serahkan Berkas ke KPU Sleman 

1. Ada 3 nama yang diajukan maju dalam Pilkada

Sah, 3 Bapaslon Siap Warnai Kontestasi Pilkada Sleman 2020Kustini-Danang saat mendaftarkan diri ke KPU Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman, Trapsi Haryadi menyebutkan, sampai hari terakhir tahapan pendaftaran, tercatat sudah ada 3 bapaslon yang mendaftarkan diri di KPU Sleman. Sementara dari 8 parpol yang memiliki kursi di DPRD Sleman, keseluruhannya juga sudah mengusung bapaslonnya.

"Total, ada 3 bapaslon dan 8 parpol mendaftarkan bapaslon," ungkapnya pada Minggu (6/9/2020).

2. Berkas ketiga bapaslon dinyatakan sah

Sah, 3 Bapaslon Siap Warnai Kontestasi Pilkada Sleman 2020Sri Muslimatun-Amin Purnama saat mendaftarkan diri ke KPU Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Trapsi menjelaskan, dari 3 bapaslon yang mendaftarkan diri, semua berkasnya dinyatakan lengkap dan diterima. Selanjutnya, pihaknya akan melakukan verifikasi berkas-berkas tersebut sebelum selanjutnya melakukan penetapan pasangan calon (paslon) pada 23 September mendatang.

"Prosesi pendaftaran semuanya dinyatakan diterima. Karena syarat pencalonan itu lengkap dan sah, dan syarat calon bupati dan wakil lengkap dan sah," terangnya.

3. Secara prinsip tidak ada permasalahan

Sah, 3 Bapaslon Siap Warnai Kontestasi Pilkada Sleman 2020DWS-ACH saat mendaftarkan diri ke KPU Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Sementara itu, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman, Noor Aan Muhlishoh mengungkapkan, dari 3 hari pembukaan pendaftaran bapaslon, secara prinsip tidak ada permasalahan. Semua parpol yang mendaftarkan bapaslonnya juga telah memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh KPU.

"Tidak ada permasalahan secara prinsip. Kemarin memang ada dinamika di parpol dan itu wajar menurut kami," paparnya.

Baca Juga: Sempat Batal, Wakil Bupati Petahana Sah Daftarkan Diri di Hari Kedua

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya