Rumah Sakit Khusus Ibu Hamil di Sleman Siap Digunakan 

Saat ini 6 RS yang bisa tangani ibu bersalin positif COVID 

Sleman, IDN Times - Persiapan rumah sakit lapangan khusus bagi ibu bersalin positif COVID19 di Kabupaten Sleman hampir dirampungkan. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Joko Hastaryo mengungkapkan saat ini fasilitas rumah sakit serta tenaga kesehatan sudah siap melakukan tugasnya.

"Persiapannya ibarat dibuka sudah jalan," ungkapnya pada Jumat (5/2/2021).

1. SDM kesehatan akan diambilkan dari puskesmas

Rumah Sakit Khusus Ibu Hamil di Sleman Siap Digunakan Ilustrasi tenaga medis. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Joko menjelaskan rumah sakit khusus ibu bersalin di Kabupaten Sleman memiliki kapasitas tempat tidur 20 hingga 25 buah. Rumah sakit ini mempunyai ruang khusus bersalin dan tempat khusus untuk bayi.

Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan merupakan nakes dari puskesmas, Asrama Haji maupun Rusunawa Gemawang yang sebelumnya juga menangani pasien dengan COVID-19.

"Nakes sementara kita ambil dari puskesmas, sebagian kita ambil dari Asrama Haji maupun Gemawang. Rencana memang tidak pakai peresmian, tapi langsung begitu ada pasien bersalin langsung. Tanggal 1 Februari kemarin sebenarnya sudah bisa digunakan," katanya.

Baca Juga: Rencana Lockdown di Sejumlah Daerah Dinilai Tak Efektif Tanpa 3T

2. Selama ini hanya 6 rumah sakit yang bisa tangani ibu bersalin positif COVID

Rumah Sakit Khusus Ibu Hamil di Sleman Siap Digunakan ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Joko menjelaskan rumah sakit lapangan khusus ibu bersalin dengan COVID-19 ini sangat mendesak. Pasalnya dari 25 rujukan hanya 6 yang bisa menangani rumah sakit. Menurut Joko selama ini banyak rumah sakit bersalin tidak dapat menerima ibu hamil yang terpapar COVID-19.

"Karena selama ini orang bersalin dengan COVID-19 masih banyak terlempar-lempar, karena tidak semua RS menyediakan ruang bersalin bagi ibu bersalin yang positif," jelasnya.

3. Ini rumah sakit yang mempunyai ruang persalinan khusus positif COVID

Rumah Sakit Khusus Ibu Hamil di Sleman Siap Digunakan Kamar persalinan disiapkan jauh-jauh hari untuk mengingat permintaan melahirkan di tanggal cantik cukup banyak di RSIA Cahaya Bunda. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Selain menyiapkan rumah sakit khusus bersalin, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman juga meminta rumah sakit ibu dan anak untuk menyiapkan ruangan khusus persalinan COVID-19. 

"RSUD Sleman terdapat lima bangsal, tapi untuk persalinan COVID-19 hanya satu. RSUD Prambanan, RS Panti Rini hanya satu tempat. Kemudian RSKIA Sadewa lumayan ada lima, RS Queen Latifa ada satu, RS At-Turots juga ada satu, dan RSU Panti Baktiningsih  terdapat satu ruangan,"terangnya. 

 

Baca Juga: 5 GeNose Digunakan di Stasiun Tugu, Uang Dikembalikan Jika Positif 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya