Ribuan Tenaga Pendidik di Sleman Mulai Jalani Vaksinasi COVID-19

Vaksinasi fokus ke guru PAUD sampai SMP

Sleman, IDN Times - Ribuan tenaga pendidik di Kabupaten Sleman mulai menjalani vaksinasi COVID-19 pada Selasa (9/3/2021). Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo menjelaskan, vaksinasi bagi tenaga pendidik ini dilakukan di berbagai puskesmas yang ada di Kabupaten Sleman, sesuai dengan fasilitas kesehatan yang dipilih secara mandiri saat mendaftarkan diri.

"Jadi ketika mendaftar mereka memilih fasilitas kesehatan, nah, mereka nanti diminta ke sana," ungkapnya pada Senin (9/3/2021).

Baca Juga: ASN, TNI dan Polri Jadi Sasaran Pertama Vaksinasi Tahap II di Sleman

1. Fokus untuk guru PAUD hingga SMP

Ribuan Tenaga Pendidik di Sleman Mulai Jalani Vaksinasi COVID-19Ilustrasi. Kandidat vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Joko menerangkan, vaksinasi tenaga pendidik ini difokuskan untuk guru PAUD, TK, SD, hingga SMP. Sedangkan untuk guru SMA, SMK maupun dosen, akan dikoordinasikan lebih lanjut.

Menurut Joko, alasan dipilihnya guru PAUD hingga SMP ini lantaran sebelumnya satuan pendidikan tingkat PAUD hingga SMP merupakan domain dari kabupaten. Sedangkan untuk SMA dan SMK adalah domain provinsi.

"Kemarin kan bagi bagi tugas seperti biasa, yang SMP ke bawah tugas kabupaten. Tapi belakangan kemarin tidak jelas juga, bahwa SMA, SMK pun nanti di kabupaten, nah harus kita data lagi. Dosen-dosen ternyata juga diserahkan ke kabupaten. Jadi kita atur strategi lagi," katanya.

2. Kurang lebih ada 9 ribuan tenaga pendidik

Ribuan Tenaga Pendidik di Sleman Mulai Jalani Vaksinasi COVID-19Petugas kesehatan memberikan pengarahan kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020) (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Menurut Joko, awalnya pada saat pendaftaran terdapat kurang lebih 15.000 orang yang terdata masuk dalam data tenaga pendidik. Namun, setelah diseleksi lagi, hampir 5.000 lebih merupakan dosen maupun guru SMA dan SMK.

"Total tenaga pendidik ada 15.000, tapi ternyata yang 5.000 sekian dosen, dosen nanti kuota agak belakangan," terangnya.

3. Akan selesaikan vaksinasi untuk semua yang terdata di Sleman

Ribuan Tenaga Pendidik di Sleman Mulai Jalani Vaksinasi COVID-19Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/Jojon

Joko menjelaskan, ke depan pihaknya akan berusaha untuk menyelesaikan vaksinasi kepada semua yang telah masuk dalam vaksinasi di Kabupaten Sleman. Baik yang ber-KTP Sleman maupun bukan, namun berdomisili kerja di Kabupaten Sleman.

"Data yang daftar di Sleman itu tanggung jawab kita untuk menyelesaikan. Karena memang selain ada yang KTP Sleman maupun tidak Sleman, tempat kerja juga di Sleman. Ya, sebisa mungkin kita selesaikan. Karena kita juga didukung faskes yang ada di Sleman maupun organisasi profesi," paparnya.

Baca Juga: Kerumunan Pelayat dan Pernikahan Sebabkan Kasus COVID di Sleman Naik 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya