Relawan di Sleman Diusulkan Mendapat Jatah Vaksin Tahap Kedua

Relawan menjadi prioritas karena bertemu langsung warga

Sleman, IDN Times - Para relawan di Kabupaten Sleman diusulkan untuk mendapatkan vaksinasi tahap kedua. Keterangan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sleman Novita Krisnaeni, rencananya vaksinasi untuk relawan dilakukan bersamaan dengan petugas pelayanan publik lainnya.

"Harapan juga kepada relawan yang langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat di tahapan kedua ini bisa kita berikan vaksin," ungkapnya pada Selasa (2/2/2021).

1. Akan ada kriteria tertentu

Relawan di Sleman Diusulkan Mendapat Jatah Vaksin Tahap KeduaIDN Times/Tunggul Damarjati

Novita memaparkan alasan pemberian vaksin kepada relawan lantaran mereka masuk kriteria petugas yang langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pihaknya akan menyusun kriteria tertentu yang akan akan ditentukan.

"Beliau ini langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat, tentunya kita akan memberikan kriteria juga kepada kelompok petugas yang langsung kepada masyarakat," katanya.

Baca Juga: GeNose Dijual di Marketplace, UGM Ingatkan Ada Oknum Ambil Keuntungan

2. Vaksinasi ke SDM kesehatan sudah masuk suntikan kedua

Relawan di Sleman Diusulkan Mendapat Jatah Vaksin Tahap KeduaTotal ada 11 pejabat publik yang menerima vaksin di Kaltim. Mulai dari pemerintah, tenaga medis, petugas kejaksaan, polisi hingga tentara. Mereka jadi menjadi contoh bagi warga, vaksin tak membawa masalah (IDN Times/Yuda Almerio)

Proses pemberian suntikan vaksin di Kabupaten Sleman sendiri vaksinasi sudah memasuki tahap kedua yang dilakukan kepada pekerja di bidang kesehatan.

"Untuk gelombang kedua periode vaksinasi dilakukan dimulai dari bulan April-Maret," paparnya.

3. Relawan pemakaman juga diusahakan dapatkan vaksin

Relawan di Sleman Diusulkan Mendapat Jatah Vaksin Tahap KeduaProses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 (16/9/2020). IDN Times/Aldila Muharma&Fiqih Damarjati

Sebelumnya juru bicara Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan COVID-19 Sleman Shavitri Nurmala Dewi mengatakan relawan yang bertugas melakukan pemakaman jenazah pasien COVID-19 diusahakan mendapatkan vaksin bersamaan jadwal untuk petugas pelayanan publik lain yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Seperti Polri dan TNI. 

"Seperti pelayanan publik yang berhubungan dengan pembuatan KTP elektronik dan surat keterangan. Kemudian vaksinasi dilakukan kepada pelayanan publik yang tidak bertemu langsung dengan masyarakat," ungkapnya.

Baca Juga: Status Tanggap Darurat Merapi Diteruskan hingga 28 Februari 2021

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya