Ratusan Pengunjung Tebing Breksi Disuruh Putar Balik, Ini Penyebabnya 

Saat akhir pekan ratusan wisatawan berlibur di Breksi 

Sleman, IDN Times - Ratusan pengunjung Tebing Breksi terpaksa disuruh gigit jari karena harus putar-balik. Mereka tidak bisa menikmati tempat wisata yang terletak di Prambanan, Sleman tersebut.

Ketua Pengelola Taman Tebing Breksi Kholiq Widiyanto menjelaskan peristiwa tersebut terjadi pada hari Sabtu (18/9/2021) dan Minggu (19/9/2021). 

1. Pengunjung tak mau instal aplikasi PeduliLindungi

Ratusan Pengunjung Tebing Breksi Disuruh Putar Balik, Ini Penyebabnya Tebing Breksi. IDN Times/Siti Umaiyah

Kholiq memaparkan hal tersebut disebabkan wisatawan tidak memiliki aplikasi PeduliLindungi serta membawa anak di bawah usia 12 tahun. Pengunjung hanya menunjukkan cetak kartu vaksin dan tidak mau menginstal aplikasi PeduliLindungi. Bahkan terdapat wisatawan yang belum melakukan vaksinasi. 

"Dengan aturan wajib scan PeduliLindungi banyak pengunjung tidak bisa masuk," terangnya.

 

2. Ratusan pengunjung diputar balik

Ratusan Pengunjung Tebing Breksi Disuruh Putar Balik, Ini Penyebabnya Ketua Pengelola Wisata Tebing Breksi, Kholiq Widianto. IDN Times/Siti Umaiyah

Pada Sabtu (18/9/2021), sekitar 400 pengunjung terpaksa putar-balik. Sementara Minggu (20/9/2021) sejumlah kendaraan yang terdiri dari enam bus berukuran besar, lima bus berukuran sedang, dua minibus, lima mobil pribadi serta 13 sepeda motor.

"Hari Minggu lebih banyak yang diputar-balikan," ungkapnya pada Senin (20/9/2021).

3. Ratusan pengunjung datang di Breksi

Ratusan Pengunjung Tebing Breksi Disuruh Putar Balik, Ini Penyebabnya Uji coba pembukaan Tebing Breksi. IDN Times/Siti Umaiyah

Kholiq mencatat selama dua hari terdapat 937 pengunjung yang datang di hari libur Sabtu dan Minggu. Sesuai aturan dari pemerintah, tempat wisata yang melakukan uji coba wajib membatasi 25 persen kedatangan wisatawan. Kholiq mengaku, Tebing Breksi saat ini telah membatasi jumlah pengunjung sebanyak 25 persen, atau 3 ribu orang dalam satu waktu.

 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya