Puluhan RS dan Puskesmas di Sleman Disiapkan Jadi Lokasi Vaksinasi

Siapa yang akan divaksinasi pertama kali?

Sleman, IDN Times - Sebanyak 52 fasilitas kesehatan di Kabupaten Sleman disiapkan sebagai lokasi vaksinasi COVID-19 tahap pertama.

Kepala Bidang Sumber Data Kesehatan Dinas Kesehatan Sleman, drg. Atikah Nurhesti, mengungkapkan setidaknya ada 24 rumah sakit, 25 puskesmas serta 3 klinik di Sleman yang akan dijadikan lokasi vaksinasi untuk tenaga kesehatan serta non kesehatan, seperti petugas administrasi, sopir, dan pengelola jenazah di fasilitas layanan kesehatan.

Baca Juga: Pemberian Vaksin Tahap Pertama di Sleman Dimulai 14 Januari 2021

1. Vaksinator mulai dilatih pada 11 Januari mendatang

Puluhan RS dan Puskesmas di Sleman Disiapkan Jadi Lokasi VaksinasiIlustrasi vaksin virus corona (Website/pixabay.com/geralt-9301)

Atikah menjelaskan, di masing-masing lokasi pemberian vaksin, akan disiapkan 3tiga vaksinator. Nantinya, vaksinator ini sendiri akan mulai diberikan pelatihan pada Senin, 11 Januari 2021 mendatang.

"Masing-masing tiga vaksinator. Mulai akan dilatih tanggal 11," ungkapnya pada Jumat (8/1/2021).

2. Masih rapatkan nama pertama yang akan divaksinasi

Puluhan RS dan Puskesmas di Sleman Disiapkan Jadi Lokasi VaksinasiIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Berkenaan mengenai siapa nama yang akan divaksinasi untuk pertama kali, Atikah menjelaskan jika saat ini nama tersebut masih dikoordinasikan terlebih dahulu. Begitu pula dengan tanggal pasti pemberian vaksin, pihaknya masih menunggu komando dari pemerintah provinsi dan pusat.

"Belum tahu, baru koordinasi dengan provinsi dan pusat," katanya.

3. Vaksin akan diberikan dua kali

Puluhan RS dan Puskesmas di Sleman Disiapkan Jadi Lokasi VaksinasiIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, Pengelola Program Imunimasi Dinkes Sleman Sudarto Edi Hartono menerangkan, nantinya vaksin ini akan diberikan dua kali dengan dosis sebanyak 0,5 ml. Pemberiannya pun akan diberi jeda selama 14 hari.

"Mekanisme pelayanan vaksin diberikan pada hari Senin, Selasa, Rabu dan Kamis. Satu hari akan dibagi menjadi tiga sesi dan satu sesinya bisa melayani maksimal 20 orang," paparnya.

Dengan asumsi ini, lanjut Edi, satu faskes maksimal melayani 60 orang. Sedangkan jumlah faskes yang siap melayani vaksin ada 52 sehingga dalam waktu seminggu sudah bisa selesai pemberian vaksin tahap pertama.

Baca Juga: Sleman Akan Atur Pembatasan Kegiatan dengan Kapasitas 50:50

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya