PMI DIY Kembali Distribusikan APD ke 4 Rumah Sakit

Juga salurkan APD untuk PMI Kabupaten/Kota

Sleman, IDN Times - Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) kembali mendistribusikan alat perlindungan diri (APD) ke 4 rumah sakit di bawah Yayasan Panti Rapih. Keempat rumah sakit tersebut meliputi Rumah Sakit Panti Rini, Panti Rahayu, Santa Elisabeth dan Panti Nugroho.

Gusti Prabukusumo menjelaskan, APD yang didistribusikan kali ini meliputi hazmat sejumlah 120 pcs, cover shoes sejumlah 1.000 pcs dan 70 pcs face shield.

Baca Juga: Sektor Filantropi Sumbang Rp905 M untuk Penanganan COVID-19 Tanah Air

1. Berikan bantuan ke PMI Kabupaten/Kota

PMI DIY Kembali Distribusikan APD ke 4 Rumah SakitInstagram Posko PMI DIY

Menurut Gusti Prabu, selain mendistribusikan APD ke rumah sakit, PMI DIY yang sebelumya mendapatkan amanah dari J Trust Bank, juga mendistribusikan 50 pcs hazmat dan lima ribu handscoon untuk PMI kabupaten/Kota di DIY.

Sedangkan amanah dari Dinas Kesehatan yang sebelumnya diberikan kepada PMI DIY, juga didistribusikan untuk lima PMI Kabupaten/Kota, di antaranya hazmat 100 pcs, sarung tangan steril 50 pcs, kacamata goggles 75 pcs, masker KN95 100 pcs, dan sepatu boots sejumlah 20 pasang.

"Upaya untuk menjaga stamina relawan, kami juga bagikan 1.500 tablet vitamin, sementara untuk cairan disinfektan untuk lima PMI Kabupaten Kota dan tujuh puluh delapan PMI Kecamatan sejumlah 1.236 pcs dan Kwarda Pramuka DIY sejumlah 180 pcs," ungkapnya pada Senin (20/7/2020).

2. Juga fokus melakukan penyemprotan disinfektan

PMI DIY Kembali Distribusikan APD ke 4 Rumah SakitInstagram Posko PMI DIY

Menurut Gusti Prabu, sejak adanya COVID-19 di DIY, PMI DIY juga berfokus dalam penyemprotan disinfektan. Di dalam kegiatan penyemprotan sendiri, PMI DIY telah bekerja sama dengan berbagai elemen, mulai dari Kwarda Pramuka, Gerakan Pemuda Anshor dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten/Kota.

“Relawan PMI DIY sampai dengan saat ini masih bekerja di lapangan, mulai dari penyemprotan disinfektan, pelayanan ambulans termasuk pemulasaran jenazah dan pemakaman, promosi kesehatan serta dukungan psikososial," terangnya.

3. Telah lakukan penyemprotan disinfektan di 1.987 titik

PMI DIY Kembali Distribusikan APD ke 4 Rumah SakitInstagram Posko PMI DIY

Gusti Prabu menjelaskan, saat ini PMI DIY setidaknya telah melakukan penyemprotan disinfektan di 1.987 titik dengan penerima manfaat sejumlah 595.249 orang. Tidak hanya itu, promosi kesehatan pun telah dilakukan di 283 titik dengan penerima manfaat sejumlah 39.053 orang.

"Sementara pelayanan ambulans 321 kali, khusus pemakaman sejumlah 145 kali baik kasus COVID-19 maupun bukan COVID-19," paparnya.

Baca Juga: [BREAKING] Pecahkan Rekor, DIY Tambah 28 Kasus Positif COVID-19

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya