Comscore Tracker

Pilkada 2020, Kades Condongcatur Nyatakan Maju sebagai Balon Bupati 

Sudah mendapatkan 40 ribu dukungan 

Sleman, IDN Times - Nama Kepala Desa (Kades) Condongcatur, Reno Candra Sangaji yang sebelumnya digadang-gadang akan maju dalam Pilkada Sleman sebagai calon Wakil Bupati Sleman kini menyatakan diri mantap untuk maju sebagai calon Bupati Sleman. Keputusan untuk maju sebagai Sleman satu dipilih Reno dengan pertimbangan kian derasnya dukungan dari masyarakat.

Baca Juga: KPU Sleman Ajukan Anggaran Rp33 Miliar untuk Pilkada 2020

1. Sudah 40 ribu dukungan masuk ke Reno

Pilkada 2020,  Kades Condongcatur Nyatakan Maju sebagai Balon Bupati Dok. IDN Times/Chalimatus Sa'diyah

Reno menjelaskan, masyarakat yang tergabung dalam Sembodo 2020 mendesak dirinya untuk bisa maju menduduki kursi Bupati Sleman.  Reno menyebutkan, saat ini sudah ada 40 ribu lebih dukungan masyarakat yang masuk padanya.  Untuk itu,  Reno hanya tinggal mengumpulkan kurang lebih 18 ribu suara  jika ingin maju sebagai calon independen.

Meski bisa maju lewat jalur independen,  namun Reno memilih bijak dan berusaha merangkul partai. Hal tersebut dia ambil dengan pertimbangan ketika nanti dirinya menjabat,  maka akan terjadi keseimbangan antara eksekutif dan legislatif. 

"Kendaraannya tetap partai politik (parpol)," tegasnya. 

2. Sudah lakukan komunikasi dengan parpol

Pilkada 2020,  Kades Condongcatur Nyatakan Maju sebagai Balon Bupati ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Reno menyebutkan, saat ini dirinya sudah melakukan komunikasi dengan berbagai partai politik (parpol) yang ada di Kabupaten Sleman, termasuk juga melakukan komunikasi dengan organisasi masyarakat (ormas) yang ada di Sleman.

"Semua sudah dihubungi. Nanti kami akan berkomunikasi lebih intens lagi," terangnya.

3. Politikus senior PKB Sukamto beri dukungan

Pilkada 2020,  Kades Condongcatur Nyatakan Maju sebagai Balon Bupati IDN Times/I Gusti Ngurah Made Wirawan

Sementara itu,  dukungan terhadap Reno juga datang dari politikus senior Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Sukamto yang juga merupakan anggota DPR RI periode 2019-2024. Sukamto menerangkan jika Reno memiliki daya tawar dan sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Hal tersebut akan membuat para elite politik tidak bisa memandang sebelah mata elektabilitas Reno.

Sukamto menerangkan,  dalam pandangannya Reno merupakan sosok yang punya kapasitas dan kapabilitas dalam memimpin, baik itu Sleman satu atau Sleman dua. Dia yakin munculnya Reno bisa menjadi alternatif yang nantinya membawa perubahan di Sleman. 

"Saya yakin ada perubahan walaupun saat ini Sleman sudah baik. Saya minta nanti paling tidak bisa menyamai Pak Sri, syukur-syukur bisa melebihi Pak Sri," jelasnya

Baca Juga: Calon Bupati Independen Pilkada Sleman Perlu Kumpulkan 58.096 KTP

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya