Pilih Hewan Kurban, Ini Kriteria yang Perlu Diperhatikan

Selain sehat, penampungan hewan kurban harus layak

Sleman, IDN Times - Tidak lama lagi umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Dosen Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM), Panjono mengungkapkan ada sejumlah kriteria hewan ternak layak kurban yang harus diketahui, baik bagi peternak maupun masyarakat luas

“Kriteria hewan ternak kurban sangat berkaitan erat dengan tujuan kurban yaitu memberikan yang terbaik,” ungkapnya pada Rabu (16/6/2021).

1. Hewan kurban harus dewasa

Pilih Hewan Kurban, Ini Kriteria yang Perlu DiperhatikanIlustrasi Hewan Kurban (IDN Times/Besse Fadhilah)

Hewan yang dapat digunakan untuk kurban adalah jantan, dewasa, sehat, tidak kurus, serta tidak cacat. Untuk ciri-ciri hewan yang sudah dewasa yakni memiliki gigi seri.

"Dalam pemilihan hewan kurban yang dewasa dapat ditandai dengan tumbuhnya gigi seri dari hewan ternak," katanya.

Baca Juga: 8 Resep Olahan Menu Idul Adha Tanpa Santan, Jadi Lebih Sehat 

2. Rambut yang dimiliki hewan mengilap

Pilih Hewan Kurban, Ini Kriteria yang Perlu DiperhatikanIlustrasi hewan kurban (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Saat menentukan ternak yang sehat, dilihat dari rambutnya yang mengilap, mata yang bersih cerah, mulut segar, badan yang bersih, utuh, dan tidak ada luka serta gerakan yang lincah, nafsu makan yang baik, dan dapat memamah dengan biak.

“Untuk menentukan kurus gemuknya hewan ternak, rabalah punggung hewan ternak. Jika masih merasakan tulang punggungnya maka hewan tersebut termasuk kategori kurus sedangkan jika empuk artinya gemuk,” katanya.

3. Penampungan hewan kurban harus layak

Pilih Hewan Kurban, Ini Kriteria yang Perlu DiperhatikanANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Panjono mengungkapkan hal lain yang perlu diperhatikan adalah penampungan hewan kurban yang layak. Di mana harus memperhatikan kesejahteraan hewan, seperti tempat yang nyaman bagi ternak istirahat, terhindar dari terik matahari dan terlindungi dari air hujan, hingga ketersediaan pakan dan air minum yang cukup bagi hewan ternak.

“Hewan ternak yang berada di penampungan lebih rentan terkena penyakit dikarenakan tempat yang tidak nyaman dan pemberian pakan yang kurang rutin,” paparnya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya