Petani Padi Panen Raya, Stok Beras di Sleman Melimpah  

Bulan Mei mendatang petani kembali panen raya padi  

Sleman, IDN Times - Petani di Kabupaten Sleman, tepatnya di Bulak Kalirase kembali mengadakan panen raya padi pada Selasa (14/4). Kepala Dinas Pertanian, Pangan Perikanan Kabupaten Sleman, Heru Saptono menjelaskan luas lahan padi yang dipanen di Bulak Kalirase mencapai 20 hektare.

Baca Juga: Sultan: Sifat-sifat Serakah "3G" Harus Dicuci Habis

1. Bulan April Sleman miliki 43.373 gabah kering

Petani Padi Panen Raya, Stok Beras di Sleman Melimpah  Ilustrasi petani memanggul gabah usai panen di areal persawahan padi. ANTARA FOTO/Aji Styawan

Heru menjelaskan, sebelumnya para petani di sejumlah wilayah di Kabupaten Sleman telah mengawali masa panen periode pada awal April lalu. Dengan adanya penambahan hasil panen, diperkirakan pada bulan April ini ketersediaan gabah kering di Kabupaten Sleman mencapai 43.373 ton.

"Ketersediaan gabah kering panen pada bulan April ini sebesar 43.373 ton, atau setara dengan beras 27.766 ton," katanya pada Selasa (14/4).

2. Bulan Mei, sawah siap panen seluas 5.700 hektare

Petani Padi Panen Raya, Stok Beras di Sleman Melimpah  Heru Saptono, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Heru menerangkan, untuk bulan Mei mendatang masih ada 5.700 hektare lahan padi yang siap untuk dipanen. Diperkirakan jumlah gabah kering yang akan dihasilkan mencapai 33.715 ton.

"Akan ditambah panen bulan Mei 5915 hektare, dengan produksi gabah kering giling seluas 33715 ton dan akan menghasilkan beras 21578 ton," paparnya.

3. Beras di Sleman melimpah

Petani Padi Panen Raya, Stok Beras di Sleman Melimpah  unsplash.com/Sonder Quest

Menurut Heru, dengan adanya panen raya ini ketersediaan beras di Kabupaten Sleman melimpah. Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat untuk tidak khawatir terhadap stok pangan di Sleman.

"Dengan ketersediaan pangan di Sleman insya Allah bisa mencukupi ketersediaan beras terutama pada masa COVID-19 ini. Sehingga, masyarakat bisa mengakses pangan baik, kualitas maupun kuantitas yang mencukupi," paparnya.

Baca Juga: Jangan Khawatir, Stok Beras Bulog Bantul Aman Hingga Akhir Mei 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya