Permudah Pembayaran Uang Kuliah, UNY Gandeng Tokopedia

Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) UNY gunakan saldo OVO 

Sleman, IDN Times - Memmberikan kemudahan bagi mahasiswanya, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berkolaborasi dengan E-Channel BTN menggandeng Tokopedia untuk menyediakan fasilitas pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) menggunakan saldo OVO di Tokopedia.

Rekor UNY, Sutrisna Wibawa menyebutkan, saat ini generasi millennial sudah terbiasa gunakan beragam dompet digital di pusat perbelanjaan maupun toko daring. Alasan itulah yang mendasari pihaknya menyediakan layanan pembayaran menggunakan saldo OVO di Tokopedia.

Baca Juga: Mahasiswa UNY Ajak Siswa SD Belajar Berhitung dengan Media Puzzle

1. Sudah bisa digunakan di tahun ajaran 2020/2021

Permudah Pembayaran Uang Kuliah, UNY Gandeng TokopediaDok: istimewa

Sutrisna menjelaskan, alasan kemudahan dan keuntungan dalam penggunaan dompet digital yang mengilhami UNY untuk menyediakan pembayaran kuliah berbasis digital. Menurutnya, para mahasiswa sudah bisa menggunakan layanan ini pada tahun ajaran 2020/2021.

“Dengan klik di aplikasi, mahasiswa kini bisa menuntaskan pembayarannya dengan cepat dan mudah. Bahkan bisa sambil tiduran, UKT terbayarkan,” ungkapnya pada Selasa (18/02).

Sutrisna menyebutkan, tidak hanya mudah, nantinya pada masa tertentu mahasiswa juga bisa memperoleh cashback yang disediakan oleh Tokopedia maupun OVO.

“Benefit yang bisa diperoleh mahasiswa dari sistem pembayaran ini, adalah cashback di periode tertentu. Jadi kampus tetap mendapatkan pembayaran full, namun ada subsidi dari pihak Tokopedia dan OVO yang dapat meringankan mahasiswa dalam waktu promo tertentu,” imbuhnya.

2. Pembayaran cukup mudah

Permudah Pembayaran Uang Kuliah, UNY Gandeng TokopediaDok: istimewa

Menurut Sutrisna, cara membayar melalui Tokopedia ini tidaklah sulit, mahasiswa cukup masuk ke Tokopedia melalui aplikasi maupun website. Kemudian memilih kategori biaya pendidikan dan nama “Universitas Negeri Yogyakarta”

Setelah muncul logo UNY, mahasiswa yang bersangkutan tinggal memasukkan nomor induk mahasiswa. Tokopedia langsung menampilkan jumlah yang harus dibayar beserta pilihan metode pembayaran.

“Tokopedia yang sudah terhubung OVO, tinggal langsung memasukkan PIN. Saldo akan otomatis terpotong dari OVO, dan pembayaran berhasil dilakukan,” terangnya.

3. Selain lewat Tokopedia, mahasiswa masih tetap bisa membayar melalui bank

Permudah Pembayaran Uang Kuliah, UNY Gandeng TokopediaDok: istimewa

Sementara itu, Donnie Iskandar selaku Branch Manager Bank BTN Yogyakarta menyebutkan, layanan bayar lewat Tokopedia ini ditujukan untuk mendukung UNY dalam proses digitalisasi. Selain menggunakan Tokopedia, mahasiswa masih tetap bisa membayar UKT melalui bank, kartu kredit, alfamart maupun indomaret. Nantinya, pembayaran yang masuk melalui beragam fitur tersebut dananya akan dikelola kampus melalui Bank BTN.

“Tentunya ini memudahkan mahasiswa sebagai millennial untuk membayar sekaligus meningkatkan brand image UNY sebagai universitas yang mendukung digitalisasi,” ungkapnya.

Baca Juga: Mahasiswa UNY Temukan Obat Luka dari Ekstrak Kopi Robusta

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya