Comscore Tracker

Pengelola Tebing Breksi Matangkan Persiapan untuk Uji Coba

Tebing Breksi jadi salah satu yang dibuka dalam uji coba

Sleman, IDN Times - Tidak lama lagi, destinasi wisata Tebing Breksi di Sleman akan dibuka untuk uji coba. Hal ini menyusul turunnya izin dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui surat bernomor SE/8/IL.04.00 DII/2021.

Berkaitan dengan hal tersebut, pengelola Tebing Breksi mulai melakukan beberapa persiapan. Baik berupa sumber daya manusia (SDM) maupun sarana prasarana pendukung.

Baca Juga: Tebing Breksi Gantikan Ratu Boko untuk Uji Coba Tempat Wisata

1. Lakukan pemetaan di lapangan

Pengelola Tebing Breksi Matangkan Persiapan untuk Uji CobaJeep Wisata Tebing Breksi. IDN Times/Siti Umaiyah

Ketua Pengelola Wisata Tebing Breksi, Kholiq Widianto menjelaskan, pada Hari Senin (13/9/2021) pihaknya telah melakukan uji coba intern pengelola sembari melakukan pemetaan di lapangan. Menurut Kholiq, setidaknya ada 140 orang yang terlibat dalam pengelolaan Tebing Breksi.

Selanjutnya, dalam waktu dekat akan ada monitoring dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman bersama beberapa pihak terkait. Ketika semua sudah siap, uji coba pembukaan untuk umum akan dilakukan.

"(Senin) pagi mulai uji coba, tapi sebatas intern pengelola sembari pemetaan permasalahan di lapangan," ungkapnya pada Selasa (14/9/2021).

2. Upayakan penambahan wifi

Pengelola Tebing Breksi Matangkan Persiapan untuk Uji CobaTebing Breksi. IDN Times/Siti Umaiyah

Nantinya, ketika akan memasuki Tebing Breksi, pengunjung diminta untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Kholiq menjelaskan, untuk sarpras scan barcode saat ini telah dipersiapkan. Hanya saja, ada permasalahan sinyal yang memang dalam waktu dekat akan dilakukan penambahan wifi.

"Hanya Telkomsel yang kuat di sini, itu masalahnya. Tapi sudah kita upayakan penambahan wifi di banyak titik," terangnya.

3. Diharapkan bisa kembali normal

Pengelola Tebing Breksi Matangkan Persiapan untuk Uji CobaJeep Wisata Tebing Breksi. IDN Times/Siti Umaiyah

Meski uji coba pembukaan Tebing Breksi ini dilakukan dengan persyaratan yang ketat, namun Kholiq mengaku pihaknya merasa senang dengan adanya turunnya izin uji coba. Dia pun berharap situasi bisa kembali normal kembali.

"Tentu kita senang, walaupun dengan persyaratan yang ketat. Harapannya dapat kembali normal," paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Suparmono menjelaskan jika pihaknya berencana melakukan monitoring kesiapan uji coba pembukaan Tebing Breksi pada Kamis (15/9/2021) siang bersama dengan Bupati Sleman.

Suparmono menjelaskan, selain Tebing Breksi sebelumnya pihaknya telah mengajukan sebanyak 21 destinasi wisata yang telah memenuhi syarat untuk diujicoba. Namun untuk saat ini, hanya Tebing Breksi yang sudah turun izinnya.

"Kewenangan menentukan ada di Kemenparekraf. Kita sudah siapkan untuk uji coba 21 destinasi wisata, termasuk Tebing Breksi," paparnya.

Baca Juga: Bikers, Ada Tempat Baru Bersepeda di Kebun Binatang Gembira Loka

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya