Pendaftaran Ditutup, Bawaslu Sleman Umumkan Anggota Panwaslu 12 Maret 

244 orang mendaftar sebagai Panwaslu Desa

Sleman, IDN Times - Pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Desa untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sleman, resmi ditutup pada Sabtu (22/2) lalu. Dari hasil pendaftaran, diketahui terdapat 244 orang yang telah mendaftarkan diri dan mengikuti proses wawancara sebagai calon Panwaslu Desa.

Baca Juga: Jelang Pilkada, Bawaslu Kaji TPS Rawan di Sleman

1. Pendaftar tersebar di 86 desa

Pendaftaran Ditutup, Bawaslu Sleman Umumkan Anggota Panwaslu 12 Maret IDN Times/Imam Rosidin

Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman Muhammad Abdul Karim Mustofa menjelaskan, pendaftar Panwaslu Desa tersebar di 86 desa yang ada di Sleman. Untuk proses pendaftaran dan wawancara telah digelar pada tanggal 16 – 22 Februari 2020.

"Total pendaftar yang sudah mengirimkan berkas lamaran dan sudah melalui proses wawancara sebanyak 244 pendaftar yang tersebar di 86 desa se-Kabupaten Sleman. Pendaftaran Panwaslu Desa untuk Pemilihan Bupati Sleman tahun 2020 secara resmi sudah kami tutup Sabtu kemarin,” katanya dalam keterangan tertulis pada Senin (24/2).

2. Setiap desa dibutuhkan satu anggota Panwaslu

Pendaftaran Ditutup, Bawaslu Sleman Umumkan Anggota Panwaslu 12 Maret IDN Times/I Made Argawa

Sementara itu, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Data Informasi Bawaslu Kabupaten Sleman, Vici Herawati merinci, dari 244 pendaftar yang sudah melalui proses seleksi, sebanyak 152 orang adalah laki-laki dan 92 orang perempuan. 

“Panwaslu desa terpilih itu kan jumlahnya satu orang untuk setiap desa, dan dari daftar pelamar yang sudah mengajukan lamaran ke sekretariat Panwaslu kecamatan jumlahnya sudah memenuhi kuota minimal dua orang pelamar untuk setiap desa, satu plus satu. Nanti satu orang panwaslu desa terpilih dan satu orang calon panwaslu desa calon Pengganti Antar Waktu (PAW),” katanya.

3. Pengumuman dirilis pada 12 Maret mendatang

Pendaftaran Ditutup, Bawaslu Sleman Umumkan Anggota Panwaslu 12 Maret IDN Times/Shemi

Menurut Vici, setelah proses pendaftaran dan wawancara, selanjutnya Panwaslu kecamatan akan melakukan peringkat penilaian. Untuk pengumuman sendiri akan dirilis pada 12 Maret mendatang.

"Hasil seleksi dirangking oleh panwaslu kecamatan dan akan dipilih satu calon Panwaslu Desa terpilih untuk diumumkan dan dimintai tanggapan dari masyarakat. Pengumuman akan dirilis pada 12 Maret, sedangkan pelantikan antara tanggal 13 hingga 20 Maret,” ujarnya.

 

Baca Juga: Calon Bupati Independen Pilkada Sleman Perlu Kumpulkan 58.096 KTP

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya