Penanganan Darurat, Selokan Mataram Dialirkan dengan Debit Kecil

Aliran kembali dihentikan 2 hari 

Sleman, IDN Times - Selokan Mataram kembali mengalami kerusakan. Tempat ribuan petani Sleman menggantungkan aliran jebol. Kerusakan terjadi di salah satu tanggul Selokan Mataram yang berada di wilayah Beteng, Desa Bligo, Kecamatan Ngluwar, Rabu (9/12/2020). Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) saat ini sudah mulai melakukan penanganan darurat.

Subkoordinator Perencanaan OP BBWSSO Antyarda Ikanadani mengatakan setelah penanganan darurat selesai dilakukan, air Selokan Mataram akan dialirkan dengan debit yang kecil. Hal ini untuk meminimalkan tanggul darurat tidak lagi jebol.

"Hal ini hanya sementara saat penanganan darurat dilaksanakan. Nantinya akan dialirkan lagi, tetapi dengan debit yang kecil agar tanggul darurat tidak jebol," ungkapnya pada Kamis (10/12/2020).

1. Air dimatikan selama 2 hari

Penanganan Darurat, Selokan Mataram Dialirkan dengan Debit KecilIlustrasi saluran irigasi. IDN Times/Siti Umaiyah

Dani menjelaskan penanganan darurat dilakukan dengan cara membuat tanggul darurat dari karung pasir. Saat ini sudah tersedia 500 karung pasir dari Sleman dan 1.000 dari DI Yogyakarta. Selama proses perbaikan aliran Selokan Mataram akan dimatikan selama kurang lebih dua hari.

"Perkiraan 1 hingga 2 hari dengan debit 1,38 l/dt. Hari ini dilakukan peninggian tanggul darurat supaya debit yang dialirkan bisa lebih besar," katanya.

Lantaran penerima manfaat dari Selokan Mataram lebih banyak dari petani di wilayah Sleman, maka pihaknya berkoordinasi dengan Pemkab Sleman.

Baca Juga: Salah Satu Titik Selokan Mataram Ambrol, BBWSSO Tutup Aliran

2. Penanganan permanen akan dilakukan tahun 2021

Penanganan Darurat, Selokan Mataram Dialirkan dengan Debit KecilIlustrasi saluran irigasi. IDN Times/Siti Umaiyah

Penanganan permanen akan dilakukan tahun 2021 mendatang, sembari menunggu para petani usai panen padi. Selain itu, pihaknya akan melakukan identifikasi kerusakan-kerusakan di wilayah lain.

"Untuk kerusakan sekalian diidentifikasi dengan rencana perbaikan. Di Karangtalun sekarang tahap pembahasan anggaran di Jakarta," paparnya.

3. Kedalaman kerusakan mencapai 15 meter

Penanganan Darurat, Selokan Mataram Dialirkan dengan Debit KecilSelokan Mataram penuh sampah. IDN Times/Siti Umaiyah

Kerusakan saat yang terjadi saat ini disebabkan gorong-gorong di bawah saluran Selokan Mataram berlubang hingga menyebabkan tanah tanggul terbawa ke dalamnya. 

"Titik kerusakan gorong-gorong berada di sebelah tanggul kiri Selokan Mataram, dengan kedalaman gorong-gorong 15 meter dari tanggul atas atau sekitar 12 meter dari dasar saluran Selokan Mataram," jelasnya.

Baca Juga: KPPS di Bantul Positif COVID saat Bertugas, KPU Mengaku Kecolongan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya