Pemasangan Patok Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Dimulai Hari Ini

Jumlah bidang terdampak 915 dengan luas 49,6 hektare.

Sleman, IDN Times - Pemasangan patok jalan tol Yogyakarta-Bawen dimulai hari ini, Selasa (19/1/2021). Patok dipasang sepanjang 8,25 km diawali dari Desa Banyurejo, Tempel. Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIY Krido Suprayitno mengungkapkan untuk membangun tol Yogyakarta-Bawen ini jumlah bidang terdampak kurang lebih 915 dengan luas mencapai 49,6 hektare.

1. Jalan tol akan melewati 3 kapanewon

Pemasangan Patok Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Dimulai Hari IniPemasangan patok pertama tol Yogyakarta-Bawen. Dok: Humas Sleman

Jalan tol Yogyakarta-Bawen akan melewati sebanyak tiga kapanewon, tujuh kalurahan dan 28 padukuhan yang seluruhnya berada di Kabupaten Sleman. Sebanyak tiga kapanewon tersebut meliputi Mlati, Tempel dan Seyegan. Sedangkan untuk kalurahan yang dilewati adalah Banyurejo, Tambakrejo, Sumberrejo, Margokaton, Margodadi Margomulyo, serta Tirtoadi.

“Jumlah bidang terdampak kurang lebih 915 bidang dengan luas mencapai 49,6 hektare dan panjang 8,25 kilometer. Pemasangan patok ini diperkirakan akan selesai dalam dua bulan,” katanya.

Baca Juga: Indahnya Jalan-jalan Malam di 6 Tempat Menakjubkan di Moskow Ini

2. Pemkab Sleman telah terbitkan Rencana Tata Ruang Wilayah

Pemasangan Patok Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Dimulai Hari IniBupati Sleman Sri Purnomo. Dok: Humas Sleman

Sementara itu, Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan Pemkab Sleman telah menerbitkan peraturan tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Sleman Tahun 2011 hingga 2031 tentang pembangunan jalan tol yang terdiri dari 2 ruas yaitu Yogyakarta-Bawen dan Yogyakarta-Surakarta.

“Tahap pemasangan patok trase tol Yogyakarta-Bawen akan segera diikuti proses berikutnya. Sehingga tahap selanjutnya bisa dilaksanakan dan manfaat dapat dinikmati oleh masyarakat,” terangnya.

3. Pembangunan tol akan berdampak besar bagi Sleman

Pemasangan Patok Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Dimulai Hari IniPemasangan tol Yogyakarta-Bawen. Dok: Humas Sleman

Menurut Bupati pembangunan jalan tol di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi perhatian utama Pemkab Sleman berkaitan dengan Proyek Strategis Nasional. Adanya tol diharapkan bisa mewujudkan pemerataan pembangunan dalam pengembangan wilayah.

“Sebagian besar pembangunan jalan tol di di Daerah Istimewa Yogyakarta ini melalui wilayah Kabupaten Sleman sehingga akan memiliki dampak dan manfaat yang cukup besar bagi pembangunan wilayah dan sangat berpengaruh pada struktur keruangan wilayah Kabupaten Sleman,” paparnya.

Baca Juga: 6 Ruas Tol Berubah Tarif per 17 Januari 2021, Cek Daftarnya!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya