Pakar UGM: Ini Cara Cegah Penyebaran Bakteri Listeria pada Jamur Enoki

Agar gak menyebar ke bahan makanan yang lain

Sleman, IDN Times - Pemerintah belum lama ini meminta importir untuk menarik peredaran jamur enoki yang diduga terkontaminasi bakteri Listeria. Bakteri Listeria monocytogenes merupakan salah satu bakteri patogen yang bisa mengakibatkan infeksi usus atau listeriosis.

Menurut Pakar Keamanan Pangan Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof.Dr.Ir. Endang S. Rahayu, MS., menyebutkan, ketika bakteri ini ikut terkonsumsi, akan tumbuh di usus dan menyerang mukosa. Selanjutnya, masuk ke dalam pembuluh darah dan menyerang jaringan yang lain, termasuk saraf.

"Bisa menimbulkan efek serius pada golongan rentan seperti balita, lansia, serta ibu hamil. Bakteri yang terkonsumsi ibu hamil juga bisa membahayakan kandungan,” ungkapnya pada Sabtu (27/6).

Baca Juga: Fakta Jamur Enoki yang Menyebabkan Keracunan di 17 Negara

1. Bakteri listeria dapat tumbuh pada suhu rendah

Pakar UGM: Ini Cara Cegah Penyebaran Bakteri Listeria pada Jamur EnokiPakar Kemanan Pangan UGM, Prof.Dr.Ir. Endang S. Rahayu. Dok: Humas UGM

Trisye, sapaan akrab Endang Rahayu, mengungkapkan, bakteri Listeria atau yang dikenal sebagai bakteri psikrotrofik, dapat tumbuh dalam suhu rendah. Selain itu, bakteri ini juga dapat bertahan pada kondisi garam yang tinggi dan pH >5. Selain itu juga resisten terhadap pengeringan.

“Kendati begitu, akan mati jika terpapar suhu pasteurisasi yakni 80 derajat Celsius,” terang Kepala Pusat Studi Pangan dan Gizi (PSPG) UGM ini.

2. Makanan yang disimpan di suhu dingin mudah terkontaminasi

Pakar UGM: Ini Cara Cegah Penyebaran Bakteri Listeria pada Jamur Enokionegreenplanet.org

Menurut Trisye, bakteri Listeria biasanya terdistribusi luas di tanah, kotoran, feses, saluran air, dan peralatan yang tidak bersih. Sementara makanan yang sering terkontaminasi adalah berbagai jenis makanan yang disimpan di suhu dingin.

Untuk itu, Trisye mengimbau agar masyarakat bisa mengemas bahan makanan dengan baik saat disimpan dalam lemari es. Sebisa mungkin, memisahkan antara pangan yang siap makan dengan siap olah. Ketika menyimpan sayuran, termasuk enoki sebaiknya ditempatkan dalam wadah plastik yang terpisah. Selain itu, tidak dicampur dengan buah-buahan yang siap makan untuk menghindari kontaminasi silang.

“Kalau sayuran, termasuk enoki diolah dengan dipanaskan bakterinya bisa mati. Yang bahaya itu bakterinya berpindah ke buah dan beranak-pinak, sementara buah langsung dimakan tanpa dicuci dulu ini bisa menyebabkan penyakit,” katanya.

3. Masa inkubasi 1-7 hari

Pakar UGM: Ini Cara Cegah Penyebaran Bakteri Listeria pada Jamur EnokiIDN Times/Sukma Shakti

Lebih lanjut, Trisye menjelaskan jika masa inkubasi infeksi bakteri Listeria  berlangsung 1-7 hari. Untuk gejala-gejala yang biasanya muncul akibat bakteri ini antara lain demam, sakit perut, dan diare.

Guna mencegah kontaminasi bakteri pada bahan pangan, Trisye kembali mengingatkan masyarakat untuk selalu menerapkan sanitasi dan higienitas yang baik.

"Dengan begitu diharapkan bisa meminimalisir infeksi penyakit pada tubuh melalui makanan," paparnya.

Baca Juga: Waspada Konsumsi Jamur Enoki, Ada Bakteri Listeria Monocytogenes

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya