Naik 66 Peringkat, UGM Melejit ke Ranking 254 Terbaik Dunia

Berdasarkan pemeringkatan dari QS 

Sleman, IDN Times - Tahun ini, Universitas Gadjah Mada berhasil melejit ke peringkat 254 dunia versi lembaga pemeringkatan universitas di dunia, Quacquarelli Symonds (QS) tahun 2021.

Hal tersebut turut membuat UGM naik 66 peringkat, dibandingkan capaian QS WUR 2020 yaitu peringkat 320 dunia.

Baca Juga: UGM Wajibkan Mahasiswa dan Dosen Tes Kesehatan saat Kuliah Tatap Muka 

1. Jadi universitas terbaik di Indonesia versi QS

Naik 66 Peringkat, UGM Melejit ke Ranking 254 Terbaik Duniaugm.ac.id

Rektor UGM, Panut Mulyono menjelaskan jika capaian ini sangat membanggakan semua pihak mengingat ini pertama kali UGM berhasil menembus peringkat 300 besar dunia sejak tahun 2014. Dengan peringkat tersebut, maka UGM menjadi universitas terbaik di Indonesia menurut perangkingan QS yang diumumkan hari ini, Rabu (10/6).

“Walaupun ranking bukan tujuan utama yang kita kejar, namun capaian ini adalah prestasi yang sangat membanggakan bagi UGM. Hasil ini membuktikan kepada dunia bahwa UGM mampu bersaing secara global. Capaian ini merupakan hasil kerja keras semua pemangku kepentingan,” ungkapnya pada Rabu (10/6).

2. Ada enam kriteria utama yang dinilai

Naik 66 Peringkat, UGM Melejit ke Ranking 254 Terbaik DuniaDok: Humas UGM

Setidaknya, ada enam kriteria utama yang dinilai dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh QS, yaitu academic reputation, employer reputation, citations per faculty, faculty-students ratio, international faculty, dan international students.

Panut menjelaskan, sejak 2010 QS melakukan perankingan terhadap universitas dunia dan secara konsisten UGM masuk dalam jajaran top universities dengan kenaikan ranking yang konsisten. UGM menduduki posisi 551-600 dunia pada tahun 2015, namun perbaikan dan perubahan berbuah manis.

"Ranking UGM terus naik dalam periode lima tahun terakhir  hingga melompat ke peringkat 254 dunia untuk peringkat tahun 2021," terangnya.

3. Lakukan perbaikan di berbagai bidang

Naik 66 Peringkat, UGM Melejit ke Ranking 254 Terbaik DuniaDok: Humas UGM

Sementara itu, Kepala Kantor Jaminan Mutu UGM, Prof. Indra Wijaya memaparkan, UGM telah banyak melakukan perbaikan di sisi internal, mulai dari program courses untuk mahasiswa asing, meningkatkan jumlah pengajar, mendorong penelitian, hingga membangun kerja sama yang baik dengan berbagai mitra dalam negeri maupun luar negeri.

Dia menjelaskan, jika hasil yang menggembirakan ini merupakan kerja keras berbagai pihak. Selain itu, prestasi tersebut akan memacu UGM untuk terus melakukan perbaikan di segala aspek agar semakin baik di kancah global.

"Hal tersebut tidak akan membuat kami lengah karena perbaikan kualitas Tridarma harus selalu dilakukan di samping persaingan ke depan tentunya akan semakin ketat," paparnya.

Baca Juga: Ini Protokol Penggunaan Laboratorium di UGM Jelang New Normal

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya