Comscore Tracker

Nadiem Makarim Lepas 4.504 Mahasiswa KKN-PPM Daring UGM 

KKN-PPM tidak dimungkinkan dilakukan secara langsung

Sleman, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim melepas sebanyak 4.504 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada (UGM) secara daring pada Senin (29/6).

Nantinya, para mahasiswa ini akan diterjunkan di 27 provinsi, 77 kabupaten dan 263 desa di seluruh Indonesia dari 29 Juni hingga 18 Agustus 2020 mendatang.

Baca Juga: Pandemik, Mahasiswa UNY Bisa Lakukan PK-KKN di Domisili Masing-masing

1. Diharapkan turut membantu membimbing siswa SD

Nadiem Makarim Lepas 4.504 Mahasiswa KKN-PPM Daring UGM Pelepasan secara daring KKN-PPM UGM Dok: Humas UGM

Nadiem menjelaskan, program KKN-PPM daring ini menjadi salah satu inspirasi dalam program kampus merdeka. Dirinya pun turut mengapresiasi tema seputar penanggulangan COVID-19 yang dilakukan oleh mahasiswa.

Menurut Nadiem, di masa seperti saat ini pihaknya turut meminta mahasiswa untuk bisa melakukan pendidikan dan pengajaran bagi siswa sekolah dasar yang selama ini kesulitan belajar karena keterbatasan akses pada teknologi.  

“Saya harap semester depan banyak mahasiswa UGM dan kampus lain membimbing anak SD belajar dari rumah, menjadi pembimbing pembelajaran mereka,” katanya pada Senin (29/6).
 

2. Edukasi masyarakat mengenai COVID-19

Nadiem Makarim Lepas 4.504 Mahasiswa KKN-PPM Daring UGM Pelepasan secara daring KKN-PPM UGM Dok: Humas UGM

Gubernur Jawa Tengah sekaligus Ketua Umum Kagama Ganjar Pranowo dalam sambutannya meminta mahasiswa agar mengedukasi masyarakat  yang selama ini mengalami kekhawatiran terhadap COVID-19. Selain itu, mahasiswa juga diminta untuk membantu pendataan secara digital terhadap kelompok masyarakat yang selama ini terdampak dari COVID-19. Sebab menurutnya banyak data penyerahan bantuan sosial yang tidak tepat sasaran karena data yang tidak tepat.
 
“Mahasiswa bisa mengedukasi warga soal COVID-19,” terangnya.

3. Untuk tumbuhkan empati dan kepedulian

Nadiem Makarim Lepas 4.504 Mahasiswa KKN-PPM Daring UGM Pelepasan secara daring KKN-PPM UGM Dok: Humas UGM

Rektor UGM Prof. Panut Mulyono, menjelaskan program KKN PPM yang diadakan merupakan kegiatan pembelajaran dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menumbuhkan empati dan kepedulian mahasiswa pada permasalahan riil masyarakat. Namun di tengah masa pandemik COVID-19 seperti saat ini, KKN-PPM tidak dimungkinkan dilakukan secara langsung, sehingga harus dilakukan secara daring.

“Kita tidak ingin mahasiswa terlambat masa studinya apalagi KKN sebagai mata kuliah wajib yang harus terus terselenggara dan memperhatikan aspek kesehatan dan keselamatan mahasiswa dan masyarakat,” katanya.

Nantinya, selama di lokasi KKN-PPM, mahasiswa akan melakukan berbagai tema program kegiatan di antaranya meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, pengembangan desa wisata, penguatan ekonomi kerakyatan dan menyiapkan masyarakat menuju era new normal.

Baca Juga: Pakar Narkotika UGM Sebut Pemakai Narkoba Rentan Terinfeksi COVID-19

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya