Mulai Senin Kantor Imigrasi Yogyakarta Kembali Layani Pembuatan Paspor

 Hanya melayani 50 persen dari jumlah normal

Sleman, IDN Times - Kantor Imigrasi Yogyakarta akan membuka layanan pada Senin (15/6) mendatang. Kepala Kantor Imigrasi Yogyakarta, Yusup Umardani menyatakan sejak 24 Maret lalu pihaknya melakukan pembatasan layanan untuk mencegah COVID-19. Masyarakat diminta beradaptasi pada tatanan normal baru atau kebiasaan baru.

1. Hanya melayani 50 persen dari jumlah normal

Mulai Senin Kantor Imigrasi Yogyakarta Kembali Layani Pembuatan PasporKantor Imigrasi Yogyakarta. IDN Times/Siti Umaiyah

Yusup menjelaskan proses pengajuan paspor untuk hari Senin (14/6) dapat mendaftar mulai hari ini Jumat (12/6) melalui aplikasi antrean online (APAPO) yang dapat di unduh di Playstore atau Appstore. 

"Supaya pegawai dan pemohon merasa aman dari penyebaran COVID-19 maka layanan tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan secara ketat. Selain itu pelayanan juga akan dibatasi maksimal hanya 50 persen dari pelayanan normal sebelumnya," ungkapnya pada Jumat (12/6).

Baca Juga: 8 Calon Perwira Polisi di DIY Positif COVID-19 

2. Protokol pencegahan COVID-19 akan diterapkan

Mulai Senin Kantor Imigrasi Yogyakarta Kembali Layani Pembuatan PasporANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Antisipasi penyebaran COVID-19, pihaknya telah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, seperti menyediakan masker, sarung tangan dan face shield bagi petugas, melengkapi meja pelayanan dengan pembatas transparan, serta menyediakan sarana cuci tangan dan kotak penyemprotan disinfektan bagi pemohon sebelum memasuki kantor.

“Pemohon yang akan dilayani diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, melakukan pemeriksaan tubuh dengan ketentuan suhu tubuh maksimal 37.5°C  dan selalu menjaga jarak sebagai physical distancing," terangnya.

3. Pengambilan paspor bisa melalui jasa pos

Mulai Senin Kantor Imigrasi Yogyakarta Kembali Layani Pembuatan PasporIlustrasi Paspor. IDN Times/Hana Adi Perdana

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai persyaratan, biaya, ataupun prosedur pelayanan, dapat mengecek secara langsung melalui website Imigrasi Yogyakarta, atau langsung mengubungi WhatsApp Gateway dengan nomor 0813-2715-0005.

Dirinya pun mengimbau agar nantinya pemohon yang ingin mengambil paspor, bisa melalui jasa PT. Pos Indonesia.

“Meski pelayanan di Kantor Imigrasi Yogyakarta telah dibuka, kami tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tetap di rumah jika tidak ada keperluan dan kepentingan yang mendesak dan darurat," paparnya.

Baca Juga: Empat Maskapai Kembali Buka Penerbangan lewat Bandara YIA

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya