Mulai Semester Depan UGM Terapkan Pembelajaran Bauran 

Diprioritaskan bagi mahasiswa yang berdomisili di DIY 

Sleman, IDN Times - Universitas Gadjah Mada (UGM) mulai terapkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Bauran pada semester gasal tahun akademik 2021/2022.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Djagal Wiseso mengungkapkan KBM Bauran ini akan diprioritaskan untuk mahasiswa angkatan 2020, dan 2021 yang membutuhkan kegiatan praktikum, praktik, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta penyelesaian tugas akhir.

Djagal menyebutkan bagi mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan belajar mengajar secara bauran, diminta untuk membawa surat persetujuan dari orang tua atau wali mahasiswa. Selain itu mahasiswa yang diperbolehkan ikut kuliah secara luring diprioritaskan bagi mereka yang berdomisili di sekitar DIY dan sekitarnya.

“Untuk surat pernyataan ini (informed consent) telah disediakan di aplikasi Simaster UGM serta bersedia mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan yang ditentukan Satgas COVID-19 UGM," terangnya pada Kamis (3/6/2021).

 

 

 

 

1. Protokol kesehatan dilakukan secara ketat

Mulai Semester Depan UGM Terapkan Pembelajaran Bauran pexels/startup-stock-photos

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran bauran nantinya tetap melihat dan mempertimbangkan aspek kesehatan dan keselamatan menjadi prioritas utama dalam seluruh rangkaian pelaksanaan KBM. Di mana protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 juga akan dilakukan secara ketat.

“Kita berharap fakultas dan sekolah menguatkan tim Health Promoting University (HPU) untuk mendukung tim pelaksana KBM Bauran ini. Ini adalah kegiatan untuk mahasiswa-mahasiswa angkatan 2020 dan 2021. Mereka yang memerlukan kegiatan luring untuk mencapai target capaian pembelajaran yang telah ditentukan dalam kurikulum," ungkapnya.

Baca Juga: Alat EWS Besutan UGM Berhasil Deteksi Gempa 7 Hari Sebelum Kejadian

2. Setiap fakultas akan membuat Tim KBM Bauran

Mulai Semester Depan UGM Terapkan Pembelajaran Bauran Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM). (IDN Times/Siti Umaiyah)

Kepala Pusat Inovasi Kebijakan Akademik UGM, Hatma Suryatmojo mengatakan UGM sendiri telah memandatkan setiap fakultas untuk membentuk Tim KBM Bauran. Tim KBM Bauran di tingkat fakultas dipimpin Wakil Dekan Bidang Akademik yang  akan membentuk gugus tugas terdiri dari Tim HPU (Health Promoting University) fakultas, Tim Satgas COVID-19 fakultas dan dosen serta tendik yang ditunjuk.

“Setelah tim ini ada maka tugas berikutnya melakukan pemetaan. Pemetaan terhadap mata kuliah yang membutuhkan kegiatan luring pada semester depan," katanya.

Selanjutnya, tim fakultas akan memetakan fasilitas-fasilitas apa saja yang perlu disiapkan dan ruang kelas dengan kapasitas yang akan dipergunakan serta menghitung jumlah tenaga kependidikan yang akan dilibatkan dan peralatan prokes yang disiapkan.

3. Mahasiswa angkatan lain akan mengikuti bauran secara bertahap

Mulai Semester Depan UGM Terapkan Pembelajaran Bauran ugm.ac.id

Untuk mahasiswa angkatan selain 2020 dan 2021 akan melakukan KBM Bauran secara bertahap. Mahasiswa yang tidak dapat mengikuti KBM Bauran tetap bisa melanjutkan studi melalui KBM Daring yang disiapkan oleh program studi masing-masing.

“Bobot nilai tetap sama antara mereka yang mengikuti kuliah secara luring maupun daring. Tetap sama, luring itu hanya membantu agar mahasiswa lebih bisa paham, lebih bisa mendalami dan memahami materi," paparnya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya