Mulai Hari Ini, RSA UGM Layani Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun 

Ditargetkan per harinya 100 anak akan menerima vaksin  

Sleman, IDN Times - Mulai hari ini, Senin (3/1/2021) Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM membuka layanan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6 - 11 tahun. Kepala Instalasi Rawat Jalan, dr. Agung Widianto menjelaskan, dalam satu hari pihaknya menargetkan sebanyak 100 anak bisa menerima vaksinasi jenis Sinovac.

“Kami baru menerima 2.500 vaksin Sinovac minggu lalu, dan mulai hari ini kita buka untuk umum,” ungkapnya pada Senin (3/1/2022).

1. Layanan dibuka mulai pukul 08.00-12.00 WIB

Mulai Hari Ini, RSA UGM Layani Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Ilustrasi vaksinasi COVID-19 pada anak. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Setiap hari Senin hingga Jumat, layanan vaksinasi anak akan dimulai pukul 08.00 - 12.00 WIB di Gedung Kresna lantai 1. Proses pendaftaran dilakukan secara langsung di lokasi vaksinasi dengan menunjukkan kartu identitas anak.

Jumlah vaksin yang dimiliki RSA sebanyak 2.500 dosis, dipastikan mampu menjangkau 1.250 anak untuk dosis pertama dan dosis kedua.

“Vaksinasi akan terus dilakukan selama stok masih ada,” terangnya.

2. Tidak ada perbedaan saat vaksinasi anak dengan orang dewasa

Mulai Hari Ini, RSA UGM Layani Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Ilustrasi Vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Uni Lubis)

Menurut Agung, tidak ada perbedaan pada proses skrining serta persyaratan kondisi penerima vaksin anak dibanding orang dewasa. Nantinya, sebelum menerima suntikan vaksin, tenaga kesehatan RSA terlebih dahulu melakukan pendataan serta skrining seperti pemeriksaan suhu dan tekanan darah. Jika anak dalam kondisi sehat, maka vaksinasi dapat langsung diberikan.

"Penggunaan vaksin Sinovac dilakukan sesuai rekomendasi pemerintah. Vaksin ini dirasa lebih aman bagi anak-anak karena telah terbukti tidak memunculkan efek samping yang berat pada orang dewasa," katanya.

Baca Juga: PTM Belum 100 Persen, Sleman Masih Pastikan Tak Ada Lonjakan Kasus

3. Sejauh ini tidak ditemukan KIPI

Mulai Hari Ini, RSA UGM Layani Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Vaksinasi bagi pelajar. (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)

Sebelum dibuka untuk umum, sebelumnya RSA UGM telah melayani vaksinasi bagi sekitar 150 anak pegawai RSA pada tanggal 29-31 Desember 2021. Sejauh ini, menurut Agung tidak ada efek samping yang ditemukan. Untuk itu, orang tua tidak perlu khawatir untuk memberikan vaksin bagi anak-anaknya.

Selain membuka layanan vaksinasi anak, RSA UGM juga masih membuka layanan vaksinasi dewasa pada hari Sabtu dan Minggu di tempat yang sama.

"Jenis vaksin yang disediakan (untuk dewasa) juga cukup beragam, mulai dari vaksin Sinovac, Moderna, Pfizer, hingga Sinopharm," paparnya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya