Mulai Besok Kamis, Pedagang di Pasar Gentan dan Sambilegi Divaksinasi 

Pasar lainnya dilakukan setelah Lebaran

Sleman, IDN Times - Mulai minggu ini, para pedagang dua pasar tradisional di Kabupaten Sleman mulai divaksinasi COVID-19. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo mengatakan vaksinasi ini rencananya akan dilakukan pada Kamis (6/5/2021) dan Sabtu (8/5/2021) di Pasar Gentan dan Sambilegi dengan masing-masing berjumlah250 hingga 300 sasaran per pasar.

"Kenapa baru sedikit, karena semua petugas publik harus kita sasar dulu," ungkapnya pada Selasa (4/5/2021).

1. Pasar lainnya dilakukan setelah Lebaran

Mulai Besok Kamis, Pedagang di Pasar Gentan dan Sambilegi Divaksinasi Petugas bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada tenaga kesehatan saat kegiatan vaksinasi massal (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Joko menjelaskan dua pasar ini dipilih lantaran berprestasi secara nasional dalam hal kebersihan. Nantinya setelah pedagang di kedua pasar ini selesai divaksinasi, maka setelah lebaran akan menyusul pedagang di pasar lainnya.

"Nanti akan kita lanjutkan setelah lebaran untuk pasar yang lain dengan tetap pedoman 60 persen untuk lansia dan 40 persen untuk petugas pelayanan publik," terangnya.

Baca Juga: Pemkab Sleman Resmi Melarang ASN Pulang Kampung  

2. Pedagang di mal akan menyusul

Mulai Besok Kamis, Pedagang di Pasar Gentan dan Sambilegi Divaksinasi Sejumlah tenaga kesehatan mengikuti vaksinasi dosis pertama vaksin COVID-19 Sinovac di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (4/2/2021) (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Setelah vaksinasi pedagang di pasar tradisional selesai dilakukan, selanjutnya pihaknya melakukan vaksinasi kepada pedagang di mal maupun pusat perbelanjaan. Pasalnya, Pemkab Sleman sudah menerima surat pengajuan permohonan dari pengelola mal untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Teknis pelaksanaan vaksinasi bagi di mal berdasarkan kuota. Sleman diketahui terdapat beberapa mal, di antaranya Jogja City Mall, Sleman City Hall (SCH), Ambarrukmo Plaza dan Hartono Mal.

"Misalnya nanti JCM sebanyak 1.000 dosis dulu, SCH 1.000 baru kemudian menunggu stok lagi. Retail juga kami pikirkan seperti Alfamart, Indomaret dan lain-lain," terangnya.

3. Stok vaksin Sleman saat ini ada 13.500 dosis

Mulai Besok Kamis, Pedagang di Pasar Gentan dan Sambilegi Divaksinasi Petugas kesehatan menunjukan vaksin saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Saat ini stok vaksin di Sleman sebanyak 13.600 dosis yang datang pada Senin (3/5/2021) sore. Jumlah tersebut akan dibagikan kepada masyarakat Sleman dengan rasio 60 persen untuk lansia dan 40 persen bagi pelayan publik.

"Stok kemarin sore datang lagi 13.600 semula hanya dapat 10 ribu. Adanya stok itu kita akan bagi lagi 60:40 persen dan kita prioritaskan pedagang pasar," paparnya.

Baca Juga: Foto Pemberi Satai Beracun Pakai Daster di Tahanan Diunggah di Medsos

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya