Mudahkan Komunikasi Pengungsi, Diskominfo Sleman Pasang 4 Titik Wifi 

Saat ini sebanyak 153 orang telah mengungsi

Sleman, IDN Times - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sleman memasang empat titik wifi di Kalurahan Purwobinangun. Kepala Diskominfo Sleman Eka Suryo Prihantoro menjelaskan dua titik wifi dipasang di di pos pemantauan Gunung Merapi, Turgo. Sedangkan dua titik wifi lainnya ditempatkan di barak pengungsian Watuadeg.

1. Pemasangan untuk memudahkan komunikasi

Mudahkan Komunikasi Pengungsi, Diskominfo Sleman Pasang 4 Titik Wifi IDN Times/Siti Umaiyah

Eka menerangkan tujuan pemasangan wifi untuk memudahkan komunikasi antara relawan dan pihak pemerintah. Saat ini, pihaknya telah bekerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

"Untuk koordinasi terkait logistik, kebutuhan wartawan menyampaikan berita juga. Dan ini akan gratis untuk umum," ungkapnya pada Kamis (28/1/2021).

Baca Juga: Merapi Erupsi, Warga Turgo Mulai Mengungsi

2. Tiga titik sudah terpasang wifi

Mudahkan Komunikasi Pengungsi, Diskominfo Sleman Pasang 4 Titik Wifi IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Eka pemasangan dua titik titik di Watuadeg sudah terpasang wifi. Dua titik lainnya di pos pemantauan Turgo saat ini baru terpasang satu dan satu lainnya tertunda lantaran adanya guguran awan panas pada Rabu (27/1/2021) siang.

"Sebelumnya dua pos pemantauan Turgo yang mendapatkan wifi adalah blank spot. Jaraknya lima sampai enam kilometer dari puncak," katanya.

3. Saat ini sebanyak 153 orang telah mengungsi

Mudahkan Komunikasi Pengungsi, Diskominfo Sleman Pasang 4 Titik Wifi IDN Times/Siti Umaiyah

Sementara itu Kepala Pelaksana Harian Unit Lak Purwobinangun Nurhadi menjelaskan saat ini 153 orang sudah mengungsi di barak Purwobinangun. Para pengungsi ini didominasi warga dari RT 02, 03 dan 04 yang rumahnya berdekatan dengan aliran sungai Boyong. 

"Warga yang mengungsi bisa pulang karena merumput. Dan tadi malam disepakati warga yang pulang dibatasi sampai jam 10.00 WIB," paparnya.

Baca Juga: Kumpulan Video Letusan Merapi, Sirine Tanda Peringatan Telah Menyala

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya