MM UGM Perbaiki Rangking Top QS Global MBA World Rank 2022

Naik 1 peringkat di Entrepreneurship and Alumni Outcomes  

Sleman, IDN Times - Prestasi membanggakan diraih oleh Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Kali ini MM UGM kembali masuk dalam jajaran Top QS Global MBA World Rank 2022.

Perangkingan yang diselenggarakan oleh lembaga dunia Quacquarelli Symonds (QS), diikuti sebanyak 286 program MBA dari universitas terbaik di dunia. Jumlah tersebut meningkat sebanyak 28 program MBA dibandingkan tahun 2021 yang diikuti 258.

1. Tahun kedua MM UGM jadi sekolah bisnis yang masuk perankingan

MM UGM Perbaiki Rangking Top QS Global MBA World Rank 2022MM UGM. Dok: Humas UGM

Prof. Eduardus Tandelilin, Direktur MM UGM Jakarta menjelaskan, ini merupakan tahun kedua bagi MM UGM menjadi salah satu sekolah bisnis yang masuk perankingan. Di tengah persaingan yang semakin ketat, MM UGM menorehkan prestasi masuk dalam Top QS Global MBA Program.

"Yang menggembirakan skor meningkat dari 36,5  di tahun 2021 menjadi 37,2 ," ungkapnya pada Senin (27/9/2021).

Penilaian didasarkan pada lima aspek, yaitu employability, return on investment, thought leadership, entrepreneurship anda alumni outcomes, dan class and faculty diversity. Serta melibatkan instrumen academics survey, employer survey dan school survey. 

Baca Juga: Guru Besar UGM: Kopi Bisa Cegah dan Deteksi COVID-19  

2. Lakukan sejumlah inovasi

MM UGM Perbaiki Rangking Top QS Global MBA World Rank 2022Ilustrasi partner bisnis/Catherineary.com

Eduardus menjelaskan, MM UGM secara konsisten melakukan inovasi dan memperluas kerja sama dengan pemangku kepentingan di dalam dan luar negeri baik alumni dan mitra industri. Saat ini MM UGM memiliki lebih dari 38 universitas mitra luar negeri.

Eduardus menambahkan kolaborasi internasional yang dilakukan oleh MM UGM dengan meluncurkan ASEAN Master in Sustainability Management yang diikuti 23 mahasiswa dari berbagai negara ASEAN. Program sepenuhnya didanai pemerintah Norwegia dan bekerja sama dengan ASEAN University Network (AUN) serta University of Agder Norway.

“Perankingan dunia bukanlah tujuan utama namun merupakan cermin dan pemacu bagi kami untuk bekerja lebih keras dan berkolaborasi,” terangnya.

3. Naik satu peringkat dalam aspek Entrepreneurship and Alumni Outcomes

MM UGM Perbaiki Rangking Top QS Global MBA World Rank 2022Rektor UGM, Panut Mulyono. IDN Times/Siti Umaiyah

Sementara itu, Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono menjelaskan capaian yang diterima oleh MM UGM merupakan hasil sinergi dan kolaborasi civitas akademika baik pengelola, dosen, mahasiswa, alumni dan mitra kerja sama untuk berprestasi di tingkat dunia.

“Ini prestasi yang membanggakan bagi kita untuk masuk Top 201-250 QS Global MBA Program dan peringkat kita naik di peringkat 74 dari 75 di tahun lalu, untuk aspek Entrepreneurship and Alumni Outcomes,” paparnya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya