Usung 'Mereka Rekam', FKY 2021 Hadir dengan Format Daring

Setiap konten dapat dinikmati melalui situs resmi FKY

Sleman, IDN Times - Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2021 akan segera hadir kembali di tengah masyarakat. Festival yang akan dimulai pada 16 September hingga 7 Oktober 2021 ini tahun ini akan diselenggarakan secara daring melalui situs web www.fky.id.

Doni Maulistya, Ketua I FKY 2021, menjelaskan, pada tahun ketiga ini, FKY mengangkat visi Pencatatan Budaya. Pencatatan yang dilakukan FKY 2021 merupakan upaya untuk memberi ruang bagi subjek subjek budaya yang hadir dalam mewakili semangat zamannya, yang mewakili sosok pelaku budaya, dan yang paling utama adalah yang memberikan semangat keberdayaan yang dapat dipelajari bersama.

"'Mereka Rekam' kemudian menjadi judul yang dianggap dapat mewakili semangat pencatatan budaya ini," ungkapnya pada Kamis (9/9/2021).

Baca Juga: Pemda DIY Usulkan 40 Tempat Wisata Outdoor Ikut Uji Coba Pembukaan    

1. Semua konten disajikan full daring

Usung 'Mereka Rekam', FKY 2021 Hadir dengan Format DaringDoni Maulistya, Ketua I FKY 2021 (Dok. FKY)

Doni menjelaskan, lantaran masih ada pandemik COVID-19, mau tidak mau FKY 2021 harus diselenggarakan secara full daring. Nantinya semua konten disajikan di website, mulai dari hari pertama hingga terakhir.

"Konten di website akan bertumbuh setiap harinya. Jadi bisa diikuti dari hari per hari. Konten diharapkan tidak hilang. Karena kerja dengan teknologi online, FKY bisa diakses sampai akhir tahun, atau sampai FKY berikutnya," katanya.

2. Dihadirkan dalam 8 kerangka program

Usung 'Mereka Rekam', FKY 2021 Hadir dengan Format DaringIrfan R. Darajat Ketua IV FKY 2021. Dok: istimewa

Irfan R. Darajat Ketua IV FKY 2021 menjelaskan, FKY 2021 ini akan hadir dalam 8 kerangka program. Yaitu Pembukaan, Riset, Pameran, Pertunjukan, Wicara, Kompetisi, Highlight Show, dan Penutupan.

Untuk pembukaan akan dilakukan pada 16 September 2021 selama 24 jam, mulai pukul 00.00 WIB. Di mana pembukaan sendiri akan dirancang dengan konsep seremoni digital di situs web www.tky id.

"Publik diajak menelusuri berbagai konten yang dihadirkan untuk memberikan sebuah pengalaman baru di mana FKY 2021 akan dibuka untuk dan oleh publik secara mandiri," jelasnya.

3. Akan jadi tombak bersejarah

Usung 'Mereka Rekam', FKY 2021 Hadir dengan Format DaringKepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY, Dian Lakshmi Pratiwi dalam Temu Media Festival Kebudayaan Yogyakarta 2021 secara daring, Kamis (9/9/2021) (Dok. FKY)

Dian Lakshmi Pratiwi, Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY mengungkapkan FKY tahun 2021 akan jadi tombak bersejarah. Karena tema "Mereka Rekam" Yang diangkat ini merupakan bagian dari pencatatan terkait even budaya, khususnya Festival Kebudayaan Yogyakarta.

"Kalau tahun pertama pagelaran FKY masih konvensional non pandemik. Pada tahun kedua transisi, masih mengira-ngira seperti apa. Tahun ketiga semakin yakin tonggak sejarah ini akan menjadi makna bagaimana menyelenggarakan kebudayaan dengan cara daring," katanya.

Sementara itu, Eni Lestari Rahayu Kabid Pemeliharaan dan Pengembangan Adat, Tradisi, Lembaga Budaya, dan Seni Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY sekaligus Ketua II FKY 2021 menjelaskan jika pandemik tidak menjadi halangan untuk berkarya. Persiapan FKY 2021 sendiri telah dilakukan sejak Januari 2021 lalu.

"FKY ini dijadikan sebagai icon atau pekan kebudayaan daerah untuk mendukung pekan kebudayaan nasional," paparnya.

Baca Juga: 3 Candi di Jateng-DIY Kantongi Izin Operasi di Masa PPKM

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya