Merapi Masuk Fase Erupsi Baru, Rumah Warga Jadi Tempat Pengungsian

Untuk jaga-jaga ketika aktivitas Merapi semakin meningkat

Sleman, IDN Times - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan saat ini Gunung Merapi telah memasuki fase erupsi baru 2021 yang ditandai dengan munculnya lava pijar.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kapanewon Pakem telah mempersiapkan beberapa barak yang bisa digunakan sewaktu-waktu ketika aktivitas Gunung Merapi semakin naik.

Panewu Pakem, Suyanto menerangkan, selain gedung milik pemerintah maupun sekolah, beberapa rumah warga juga disiagakan sebagai tempat pengungsian.

Baca Juga: Gunung Merapi Kembali Muntahkan Guguran Lava Pijar Beberapa Kali

1. Beberapa barak yang disiapkan

Merapi Masuk Fase Erupsi Baru, Rumah Warga Jadi Tempat PengungsianSenam dilakukan para lansia di barak pengungsian. IDN Times/ Siti Umaiyah

Suyanto mengatakan, barak pengungsian yang disiapkan di antaranya yakni satu barak di Pandanpuro Hargobinangun, dua di Watuadeg Purwobinangun, serta satu barak di Candibinangun.

Selain itu, ada dua balai desa yang ada di Pakembinangun dan Harjobinangun, beberapa gedung sekolah, RSJ Ghrasia, serta beberapa rumah penduduk yang disiagakan. Bukan itu saja, Suyanto menjelaskan jika saat ini barak-barak khusus untuk kelompok rentan juga telah disiapkan.

"Di barak Watuadeg disiapkan barak khusus kelompok rentan. Untuk Kaliurang Barat disiapkan di Gedung Diklat di Potrowangsan Candibinangun. Untuk Kaliurang Timur disiapkan di SMA 1 Pakem," katanya pada Rabu (6/1/2021).

2. Rencana mengungsi akan ikuti arahan BPPTKG

Merapi Masuk Fase Erupsi Baru, Rumah Warga Jadi Tempat PengungsianGuguran lava pijar Gunung Merapi teramati dari kamera CCTV. Dok. BPPTKG

Suyanto menjelaskan, di Pakem sendiri ada 2 dusun yang lokasinya paling dekat dengan Gunung Merapi, yakni Pedukuhan Turgo Tritis Purwobinangun yang memiliki radius kurang lebih 5.7 km dari puncak Merapi. Serta Kaliurang Hargobinangun yang memiliki radius kurang lebih 5.9 km.

Menurut Suyanto, meskipun saat ini lava pijar telah muncul beberapa kali, namun untuk rencana mengungsi masih akan menunggu rekomendasi BPPTKG maupun instruksi Pemkab Sleman.

"(Imbauan) warga untuk meningkatkan kewaspadaan dengan aktivasi unit pelaksana penanggulangan bencana tingkat kalurahan, meningkatkan ronda, selalu update informasi dari BPPTKG, dan lihat Youtube live Merapi dari BPPTKG," terangnya.

3. Personel sudah siaga penuh

Merapi Masuk Fase Erupsi Baru, Rumah Warga Jadi Tempat PengungsianIlustrasi Merapi. IDN Times/Arief Rahmat

Sementara itu, Kiswanta Komandan SAT Linmas Istimewa Kaliurang menjelaskan, sehubungan dengan meningkatnya aktivitas Merapi, pihaknya telah menyiagakan penuh semua personel untuk mengantisipasi hal-hal yang buruk. Untuk saat ini sendiri, aktivitas warga di Kaliurang masih normal dan pihaknya meminta warga agar tidak panik.

"Kami memang sejak status Merapi naik menjadi siaga sudah dalam posisi siaga penuh untuk seluruh personel, semua sumber daya yang kami punya sudah kita siapkan untuk mengantisipasi hal-hal yang buruk," paparnya.

Baca Juga: Lava Pijar Muncul, Gunung Merapi Memasuki Fase Erupsi Tahun 2021 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya