Comscore Tracker

Menhub Promosikan Damri, Moda Transportasi Baru ke Bandara YIA

Dari Sleman menuju Bandara YIA hanya 70 menit 

Sleman, IDN Times - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi melakukan uji coba transportasi Damri dari Sleman City Hall (SCH) menuju Yogyakarta Internasional Airport (YIA) pada Jumat (31/1).

Budi Karya mengungkapkan, masyarakat hanya membutuhkan waktu 70 menit untuk mencapai YIA. "Waktu tempuh ini tidak begitu jauh saat menggunakan kereta api yaitu 45 menit ditambah dengan beralih naik bus 15 menit," ujar Budi Karya, Jumat (31/1).

Budi Karya mengharapkan Damri bisa menjadi transportasi alternatif masyarakat menuju YIA.

Baca Juga: Dari Sleman ke YIA atau Borobudur Semakin Mudah dengan Damri

1. Permudah transportasi menuju YIA

Menhub Promosikan Damri, Moda Transportasi Baru ke Bandara YIAMenhub saat mencoba Damri dari SCH. IDN Times /Siti Umaiyah

Budi mengatakan untuk menuju bandara baru di Kulon Progo masyarakat dapat memilih dua moda transportasi, yaitu menggunakan kereta api dan Damri. 

"YIA sekarang dilengkapi dua moda, satu bis dengan headway (perbedaan kedatanagan, red) setengah jam. Ada juga kereta api dengan headway setiap satu jam. Jadi kalau ke YIA itu gampang banyak alternatif jadi jangan anggap jauh," katanya saat di YIA pada Jumat (31/1).

2. Angkutan umum mampu angkut 30-40% penumpang YIA

Menhub Promosikan Damri, Moda Transportasi Baru ke Bandara YIAMenhub Budi Karya Sumadi. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Budi, angkutan umum yang sudah disediakan, baik Damri maupun kereta api bisa mengangkut 30-40% penumpang dari YIA. Hal tersebut dirasa cukup untuk mengurangi kemacetan di Yogyakarta.

"Kita harapkan masyarakat terbiasa menggunakannya, jadi gak bingung. Sekarang tempat nyaman dan bus juga bagus. Jadi kenyamanan ini yang kita tawarkan untuk kemudahan masyarakat menuju YIA," ungkapnya.

3. Sebelas bus disiapkan dari SCH ke YIA

Menhub Promosikan Damri, Moda Transportasi Baru ke Bandara YIABus Damri dari Sleman ke Borobudur maupun ke YIA. IDN Times/Siti Umaiyah

Sementara itu, Dirut Damri, Setia Miletia Moemin mengatakan untuk sementara pihaknya baru menyiapkan 11 kendaraan dari SCH menuju YIA. Nantinya jumlah tersebut akan ditambah menyesuaikan kebutuhan masyarakat.

"Dari SCH yang kita siapkan 11 Damri. Tapi yang sudah datang baru ada 3, sisanya akan kami kirimkan dalam waktu dekat. Untuk waktu akses mulai jam 03.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB," jelasnya.

 

Baca Juga: Jokowi ke Yogyakarta, Resmikan Underpass YIA Hari Ini

Topic:

  • Siti Umaiyah
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya