Malam Penganugerahan BRISOPREMA 2021 Usai Digelar, Ini Pemenangnya!

Ingin tahu para sociopreneur muda yang jadi pemenang?

Sleman, IDN Times - Malam penganugerahan BRISOPREMA telah digelar pada 10 November 2021 lalu. Dalam gelaran yang diselenggarakan secara live streaming melalui kanal YouTube FISIPOL UGM tersebut, turut diumumkan pemenang Kompetisi Kategori Kick off dan Kategori Start Up, serta pengumuman peraih dana pengembangan bagi para peserta Inkubasi.

Tahun ini, penyelenggaraan Soprema (Sociopreneur Muda Indonesia) bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) sehingga nama Soprema mengalami co-branding menjadi BRISOPREMA 2021. Sunarso, Direktur Utama BRI yang turut hadir dalam Malam Penganugerahan BRISOPREMA 2021 yang bertajuk “Muara Karya Sociopreneur Muda di Era Pandemi Covid-19” menjelaskan jika kegiatan SOPREMA memiliki semangat yang sama dengan BRI untuk mengembalikan perekonomian Indonesia.

"Kegiatan ini sejalan dengan fungsi BRI sebagai BUMN yang bertugas untuk menciptakan dan menyampaikan nilai ekonomi dan nilai sosial pada masyarakat," ungkapnya.

Baca Juga: Kembali Digelar, Soprema Ajak Kaum Muda Bangkit di Masa Pandemik

1. Pemenang Kompetisi Kategori Kick off

Malam Penganugerahan BRISOPREMA 2021 Usai Digelar, Ini Pemenangnya!Malam Penganugerahan BRISOPREMA yang digelar pada Rabu (10/11/2021) malam. Dok: Istimewa

Pada saat pengumuman dilangsungkan, terdapat tujuh pemenang dari cabang kompetisi Kick Off. Juara 1 diraih oleh BahanAjar.ID yang mengembangkan platform jual beli bahan pembelajaran dari Provinsi Jawa Barat. Berikutnya, Juara 2 dimenangkan oleh Econella yang merupakan produsen Bioaditif berbahan dasar minyak atsiri sebagai bahan bakar alternatif terbarukan dari Provinsi Sulawesi Selatan. Juara 3 yaitu RAYA PAD dari Provinsi Jawa Barat yang menjembatani pedagang pasar tradisional dan konsumen dalam sebuah platform.

Untuk harapan 1 diraih oleh Nirbana yang menghadirkan platform edukasi wisata sejarah candi dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Harapan 2 dimenangkan oleh Script-See yang menghadirkan ruang diskusi bagi mahasiswa dan dosen dari DIY. Harapan 3 yaitu Tim Naga (Pasar Terapung) yang menjadi wadah bagi UMKM lokal di dekat Sungai Cisadane untuk berdagang dari Provinsi Banten. Selain itu, ada pula kategori Best Speaker yang diraih oleh Rachmat Krismono dari Nirbana.

2. Pemenang kategori Start Up

Malam Penganugerahan BRISOPREMA 2021 Usai Digelar, Ini Pemenangnya!Malam Penganugerahan BRISOPREMA yang digelar pada Rabu (10/11/2021) malam. Dok: Istimewa

Lalu, untuk kategori Start Up, juga terdapat tujuh pemenang. Untuk Juara 1 diraih oleh Chickin yang bergerak dalam bidang industri peternakan, teknologi produksi dan investment dari Provinsi DKI Jakarta. Juara 2 dimenangkan oleh LEMONTO dari Provinsi Jawa Timur yang mengembangkan berbagai produk berbahan dasar buah lemon. Juara 3 yaitu Starla Education dari Provinsi Jawa Timur yang berfokus dalam pengembangan platform marketplace penyedia layanan pendidikan dan karier.

Selanjutnya, harapan 1 diraih oleh Terasa Indonesia yang mengembangkan bisnis sosial di bidang pertanian dan kemaritiman asal Provinsi Kalimantan Timur. Harapan 2 dimenangkan oleh WarungMakan asal DIY yang merupakan platform marketplace makanan dari UMKM lokal. Terakhir harapan 3 diraih oleh LOKALITY INDONESIA, produsen Mie Gluten Free dari Provinsi DIY. Untuk kategori Start Up juga terdapat pemenang Best Speaker yang diraih oleh Andi Faedal dari Terasa Indonesia.

3. Delapan tim terpilih dapatkan pendanaan dalam program Inkubasi & Pitching

Malam Penganugerahan BRISOPREMA 2021 Usai Digelar, Ini Pemenangnya!Malam Penganugerahan BRISOPREMA yang digelar pada Rabu (10/11/2021) malam. Dok: Istimewa

Kemudian, diumumkan juga untuk pemenang dalam program Inkubasi & Pitching, 10 tim yang lolos telah melaksanakan rangkaian acara hingga tahap final pitching.

Para sociopreneur tak hanya mendapatkan materi namun 8 tim terpilih juga mendapat dana bantuan pengembangan usaha sosial. Kedelapan tim tersebut yaitu G-Farm, Jadoel R&B, Mostfish, Umbi-Umbian Jambi, RebungKU, KSM Terasi, RTM Kucur, dan Senyum Homecare.

4. BRISOPREMA turut mengadakan Virtual Expo

Malam Penganugerahan BRISOPREMA 2021 Usai Digelar, Ini Pemenangnya!Malam Penganugerahan BRISOPREMA yang digelar pada Rabu (10/11/2021) malam. Dok: Istimewa

Selain kategori di atas, tahun ini BRISOPREMA 2021 juga kembali menghadirkan Virtual Expo. Virtual Expo. Virtual expo sendiri merupakan wujud dari BRISOPREMA untuk tetap berkarya dengan segala keterbatasannya di masa pandemik COVID-19 guna mendukung para sociopreneur muda Indonesia.

Pada gelaran Virtual Expo yang diselenggarakan hingga 10 November ini, Soprema memfasilitasi para wirausaha sosial muda untuk dapat mengenalkan serta menjual usaha kreatif mereka melalui website akmindonesia.org/expo. Di samping itu, ada pula acara Bincang Live Instagram yang diadakan bagi para tenant expo untuk berbagi ilmu serta pengalaman mereka di ranah wirausahawan sosial.

Selain kegiatan di atas, tahun ini BRISOPREMA juga menyelenggarakan satu cabang kegiatan baru, yakni Kompetisi TikTok dan Instagram Reels. Kompetisi ini diperuntukkan bagi anak muda yang memiliki jiwa kreatif dan inovatif untuk berpartisipasi dalam memeriahkan perhelatan BRISOPREMA 2021. Peserta diminta untuk membuat sebuah konten video yang mempromosikan produk hasil bisnis usaha sosial dengan sekreatif mungkin.

Pemenang ditentukan melalui polling hasil kerja sama BRISOPREMA 2021 dengan LINE Indonesia. Polling ini bisa diikuti oleh seturuh masyarakat dengan mengakses link yang telah tersedia.

Baca Juga: Ngayogjazz 2021 Digelar Hybrid, Ini Syarat dan Ketentuannya

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya