Mahasiswa UGM Bawa Pulang 10 Medali di Kompetisi Nasional MIPA 2020 

Mereka pun menyabet gelar juara umum

Sleman, IDN Times - Sebanyak 10 delegasi mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil membawa pulang 10 medali dari Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu (KN MIPA) 2020.

Kesepuluh medali tersebut meliputi 2 emas, 4 perak, dan 4 perunggu.

Baca Juga: 4.370 Calon Mahasiswa Lolos Seleksi Mandiri UGM

1. Perolehan medali meningkat dibanding tahun sebelumnya

Mahasiswa UGM Bawa Pulang 10 Medali di Kompetisi Nasional MIPA 2020 ugm.ac.id

Kompetisi Nasional MIPA sendiri merupakan kompetisi nasional yang rutin digelar setiap tahun oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kemdikbud yang sebelumnya bernama ON MIPA. Pada kompetisi ini terdapat 12 medali emas,  20 medali perak, 28 medali perunggu dan 12 honorable mention yang diperebutkan. 

Kasubdit Bidang Kreativitas Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan UGM, Dr. Suherman menjelaskan, raihan 10 medali tersebut berasal dari beberapa bidang. Yakni meliputi Bidang Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia.

"Kita bersyukur atas capaian ini. Ada peningkatan raihan medali dibandingkan tahun lalu," ungkapnya pada Jumat (11/9/2020).

2. Antarkan jadi juara umum ketiga

Mahasiswa UGM Bawa Pulang 10 Medali di Kompetisi Nasional MIPA 2020 Humas UGM

Menurut Suherman, dalam kompetisi itu UGM mengirimkan 11 mahasiswa. Dari jumlah tersebut 10 orang di antaranya berhasil menyabet medali.

"Capaian tersebut sekaligus mengantarkan UGM pada posisi Juara Umum 3. Sementara urutan pertama dan kedua secara berurut diraih ITB dan UI," terangnya. 

3. Diseleksi untuk maju dalam kompetisi internasional

Mahasiswa UGM Bawa Pulang 10 Medali di Kompetisi Nasional MIPA 2020 (Humas UGM)

Suherman menambahkan, tiga mahasiswa UGM yang berhasil memperoleh medali bidang matematika berkesempatan mengikuti seleksi di tingkat nasional. Nantinya mereka akan diseleksi kembali untuk mewakili Indonesia di International Mathematic Competition (IMC) 2020. 

Baca Juga: Selama 4 Tahun UGM Raih Skor Tertinggi  Bidang Kemahasiswaan Nasional 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya