Libur Paskah, Ribuan Wisatawan Kunjungi Destinasi Wisata di Sleman

Angka kunjungan wisatawan meningkat tajam

Sleman, IDN Times - Selama libur Paskah, ribuan wisatawan mengunjungi destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sleman. Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Suci Iriani Sinuraya mengungkapkan, dibandingkan dengan minggu sebelumnya, tingkat kunjungan ini mengalami peningkatan yang cukup tajam.

Baca Juga: Densus 88 Geledah Rumah dan Pondok Pesantren di Berbah Sleman

1. Sebanyak 4.355 pengunjung datang ke Kaliurang

Libur Paskah, Ribuan Wisatawan Kunjungi 
Destinasi Wisata di SlemanKawasan wisata Kaliurang. IDN Times/Siti Umaiyah

Suci menjelaskan, pada Jumat-Minggu (2-4 April 2021), ada sebanyak 4.355 pengunjung yang datang ke kawasan Kaliurang. Jumlah ini meningkat tajam jika dibandingkan dengan minggu sebelumnya, di mana selama Hari Jumat-Minggu (26-28 Maret 2021) hanya ada 386 pengunjung yang datang ke kawasan Kaliurang.

"Kunjungan di destinasi wisata mengalami peningkatan dibanding akhir pekan sebelumnya dikarenakan adanya libur panjang selama 3 hari," ungkapnya pada Senin (5/4/2021).

2. 4.442 pengunjung datang ke kawasan wisata Kaliadem

Libur Paskah, Ribuan Wisatawan Kunjungi 
Destinasi Wisata di SlemanGunung Merapi (ANTARA FOTO/Rudi/hn/pd)

Selain Kaliurang, kawasan wisata Kaliadem juga mengalami peningkatan pengunjung yang cukup tinggi. Pada minggu sebelumnya, selama Jumat-Minggu jumlah kunjungan hanya sebanyak 437 pengunjung. Sedangkan pada minggu ini, kunjungan mencapai 4.442 pengunjung.

"Begitu pula dengan tingkat kunjungan kawasan wisata Kaliadem juga mengalami peningkatan, pada Libur Paskah sebanyak 4.442 pengunjung," terangnya.

Hal yang sama juga terjadi untuk kunjungan Gardu Pandang Kaliurang, jumlah kunjungan pada libur pada Libur Paskah terjadi sedikit kenaikan sebanyak 559 pengunjung. Sedangkan kunjungan pada minggu sebelumnya sebanyak 484 pengunjung.

3. Wisata candi juga alami peningkatan pengunjung

Libur Paskah, Ribuan Wisatawan Kunjungi 
Destinasi Wisata di Slemanwikipedia.org

Selain destinasi wisata di atas, beberapa wisata candi seperti Candi Ijo, Candi Sambisari juga mengalami sedikit peningkatan pengunjung pada Libur Paskah. Untuk Candi Ijo sebanyak 294 pengunjung dan Candi Sambisari sebanyak 483 pengunjung.

"Kunjungan pada minggu sebelumnya yaitu untuk Candi Ijo sebanyak 216 pengunjung dan Candi Sambisari sebanyak 365 pengunjung," jelasnya.

4. Telah terapkan e-ticketing

Libur Paskah, Ribuan Wisatawan Kunjungi 
Destinasi Wisata di SlemanIDN Times/Nindias Khalika

Suci menerangkan sejak tanggal 1 April 2021 Pemerintah Kabupaten Sleman telah menerapkan e-ticketing di Kawasan Kaliurang, Kawasan Kaliadem, Candi Ijo, Candi Sambisari dan Candi Banyunibo. Penggunaan e-ticketing diharapkan dapat memudahkan petugas penarik retribusi, pencatatan data dan laporan yang lebih tepat dan real time serta untuk penggunaan kertas yang lebih efektif dan efisien.

"Walaupun terjadi peningkatan dibanding penerapan PTKM seminggu sebelumnya, namun destinasi wisata sudah siap dan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 diantaranya menyediakan sarana protokol kesehatan seperti thermogun, wastafel cuci tangan dan sabun cuci tangan, hand sanitizer, papan imbauan dan mengingatkan untuk selalu memakai masker dan menjaga jarak," paparnya.

Baca Juga: 2 Klaster Takziah di Sleman, Segini Jumlah Warga yang Positif

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya