Langka di Pasaran, Pemkab Sleman Siapkan 2 Ton Gula Pasir 

Gula pasir didistribusikan lewat operasi pasar

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Sleman menyiapkan 2 ton gula pasir yang akan didistribusikan melalui operasi pasar di 6 kecamatan. Operasi pasar dilakukan untuk mengatasi kelangkaan stok yang menyebabkan tingginya harga gula. 

Untuk menambah stok gula pasir, Pemerintah Kabupaten Sleman berkerja sama dengan Dinas Perindag DIY dan PT. Madu Baru produsen gula yang ada di DIY. 

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, Harda Kiswaya menyebutkan 6 kecamatan yang dijadikan sasaran operasi pasar tersebut yakni Kecamatan Moyudan, Minggir, Seyegan, Turi, Tempel serta Pakem.

Baca Juga: Kisah Siswa di Yogyakarta Ikuti KBM Daring di Tengah Keterbatasan

1. Sediakan 2 ton gula pasir

Langka di Pasaran, Pemkab Sleman Siapkan 2 Ton Gula Pasir IDN Times/Candra Irawan

Harda menyebutkan selain untuk mengatasi tingginya harga gula pasir, operasi pasar juga ditujukan untuk membantu masyarakat terdampak COVID-19. Saat ini pihaknya telah menyediakan sebanyak 2.000 kg atau 2 ton gula pasir.

"Operasi Pasar dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 29 April 2020 dengan lokasi dropping awal di Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan selanjutnya akan kami distribusikan ke masing-masing kecamatan," ungkapnya pada Rabu (29/4)

2. Satu orang diberikan jatah maksimal 2 kg

Langka di Pasaran, Pemkab Sleman Siapkan 2 Ton Gula Pasir IDN Times/Candra Irawan

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Sleman Nia Astuti menerangkan, operasi pasar sendiri akan dipusatkan di kantor kecamatan dari 6 kecamatan yang menjadi sasaran. Nantinya, satu orang hanya diberikan jatah membeli gula pasir sebanyak 2 kg dengan harga Rp. 12.500,-. Nia menjelaskan, rata-rata harga gula pasir di pasaran sendiri berada pada kisaran Rp. 17 ribu-18 ribu.

"(Operasi pasar) untuk masyarakat umum, diutamakan terdampak COVID-19. Untuk periode ini, ada 2 ton dialokasikan ke 6 kecamatan dengan pertimbangan prinsip pemerataan agar masyarakat pinggiran bisa mengakses operasi pasar ini. Juga untuk menghindari kerumunan orang yang lebih banyak," katanya.

3. Diharapkan harga gula pasir bisa ditekan

Langka di Pasaran, Pemkab Sleman Siapkan 2 Ton Gula Pasir IDN Times/Candra Irawan

Nia berharap, dengan adanya operasi pasar ini, harga gula pasir di pasaran bisa lebih terjangkau. Selain itu juga bisa membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang murah.

"Operasi pasar untuk penetrasi harga gula di pasaran agar harga bisa lebih terjangkau dan membantu masyarakat agar dapat memenuhi kebutuhan pokok (gula) dengan harga murah," katanya.

 

Baca Juga: Puasa Jadi Gak Nyaman, Hindari Konsumsi 10 Makanan Ini Saat Sahur!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya