Comscore Tracker

Kustini-Danang Unggul di TPS Masing-masing Tempatnya Mencoblos

Sebagian pemilih tak mencoblos karena merantau

Sleman, IDN Times - Pasangan Calon (paslon) Bupati-Wakil Bupati Sleman nomor urut 3, Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa berhasil menang di tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing.

Di TPS 27, Jaban, Tridadi, Sleman, tempat Kustini mencoblos, paslon ini berhasil menang dengan perolehan suara 189 dari 309 surat suara yang masuk. Sedangkan di TPS 23, Beran, Tridadi, tempat Danang menggunakan hak pilihnya, mereka meraih suara sebanyak 145 dari 246 surat suara yang masuk.

Baca Juga: Pakai APD Lengkap, Petugas KPPS Datangi Pemilih yang Sakit di Rumah 

1. Partisipasi 84,3 persen

Kustini-Danang Unggul di TPS Masing-masing Tempatnya MencoblosPemilih mencoblos di kotak suara di TPS Pilkada Bandung. (IDN Times/Bagus F)

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di di TPS 27, Jaban, Tridadi, Sleman, Choliq Warganegara mengatakan, di TPS 27 ini partisipasi pemilih hanya sebesar 84,3 persen. Dari total 365 daftar pemilih tetap (DPT), hanya ada 309 pemilih yang hadir. Menurutnya, di Jaban sendiri banyak yang merantau, sehingga banyak pula yang tidak bisa pulang untuk mencoblos.

Dia mengatakan, dari 309 surat suara masuk, ada 16 surat suara yang gugur. Yang meliputi surat suara tidak dicoblos, di luar gambar maupun mencoblos lebih dari satu paslon.

"Banyaknya yang tidak mencoblos (karena) banyak yang merantau. KTP sini tapi domisili tidak di sini. Dari 309, surat suara masuk untuk Paslon 1 sebanyak 81, Paslon 2 ada 23 suara, dan paslon 3 ada 189 suara," ungkapnya para Rabu (9/12/2020).

2. Wakil Kustini juga unggul di TPS nya

Kustini-Danang Unggul di TPS Masing-masing Tempatnya MencoblosDanang Maharsa saat datang ke TPS 23, Jaban, Tridadi, Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Sementara itu, Danang Maharsa, Calon Wakil Bupati nomor urut 1 diketahui juga unggul di TPS yang menjadi lokasinya mencoblos. Menurut Ketua KPPS TPS 23, Bima Sulistya, dari total 246 surat suara yang masuk, paslon nomor urut 3 mendapatkan suara sebanyak 145. Untuk paslon 1 mendapatkan suara 65 dan paslon 2 mendapatkan suara 29.

"Tujuh tidak sah. Banyak yang coblosannya 3, ada yang di tengah-tengah antarpaslon. Kemungkinan yang tidak milih (golput) karena tidak ada pilihan atau tidak tahu milih mana. Karena saat didata, yang bersangkutan ada di rumah," terangnya.

3. Optimis bisa menang

Kustini-Danang Unggul di TPS Masing-masing Tempatnya MencoblosKustini saat mencoblos di TPS 27, Jaban, Tridadi, Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Sementara itu, Kustini Sri Purnomo mengatakan jika dalam kontestasi Pilkada 2020, dirinya optimis bisa menang. Menurutnya, waktu 2,5 bulan untuk kampanye telah dipergunakan semaksimal mungkin. Meskipun dengan pembatasan-pembatasan kegiatan kampanye.

"(Selama) 2,5 bulan kita sudah ke masyarakat, semaksimal mungkin. Memang dengan adanya COVID-19 kita dibatasi, pertemuan tidak boleh lebih dari 50 (orang), paling 30-35 (orang) dengan waktu yang singkat," paparnya.

Baca Juga: Pengungsi Merapi Salurkan Hak Pilih di Dekat Barak Pengungsian 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya