Comscore Tracker

Kuasa Hukum Tersangka Susur Sungai Sempor: IYA Tidak Melarikan Diri  

Keluarga menyatakan IYA menolong enam anak 

Sleman, IDN Times - Proses hukum salah satu tersangka tragedi susur sungai Sempor, IYA, saat ini masih dalam tahap penyidikan di Polres Sleman.

Kuasa Hukum IYA, Oktryan Makta menyebutkan IYA menghormati proses hukum yang saat ini sedang berjalan. Dia juga menyebutkan, dari awal IYA tidak bermaksud untuk melarikan diri dari permasalahan yang terjadi. IYA pun telah menyatakan turut berduka atas musibah yang menimpa para siswa-siswinya.

Baca Juga: DPRD DIY: Jangan Perlakukan Tersangka Susur Sungai Seperti Koruptor

1. Sudah menyatakan siap bertanggung jawab

Kuasa Hukum Tersangka Susur Sungai Sempor: IYA Tidak Melarikan Diri  Kuasa Hukum IYA, Oktryan Makta. IDN Times/Siti Umaiyah

Oktryan meluruskan, ketika mendengar adanya kejadian di Sungai Sempor, IYA langsung berlari menuju sungai untuk memastikan apa yang terjadi. Bahkan IYA juga membantu proses evakuasi siswa dari sungai.

"IYA tidak ada maksud untuk lepas dari tanggung jawab. Dia sudah menyatakan bertanggung jawab. Meninggalkan tempat kejadian saat saat susur sungai memang betul, dia pergi keluar sebentar dan sudah terjadi itu musibah," katanya pada Rabu (26/2).

2. Kegiatan sudah terprogram

Kuasa Hukum Tersangka Susur Sungai Sempor: IYA Tidak Melarikan Diri  Kuasa Hukum IYA, Oktryan Makta. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Oktryan, dari awal kegiatan susur sungai sudah terprogram dalam agenda sekolah. Salah satunya di RAPBS (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah). Untuk itu, sudah seharusnya kejadian ini juga harus dilihat secara cermat.

"Tanpa bermaksud memojokkan siapa pun, kegiatan ini tidak diadakan secara tiba-tiba, tapi sudah jadi bagian yang sudah diprogramkan sekolah. Tanggung jawab ini bukan semata-mata ditanggung secara individual. Yang menggagas kegiatan tahun 2019/2020 benar IYA. Tapi tidak serta merta tanpa ada persetujuan dari atasan," ungkapnya.

3. Sempat evakuasi 6 siswa

Kuasa Hukum Tersangka Susur Sungai Sempor: IYA Tidak Melarikan Diri  Agus Sukamta, Kakak Sepupu IYA. IDN Times/Siti Umaiyah

Sementara itu, Agus Sukamta, Kakak Sepupu IYA menjelaskan, dari awal kejadian IYA tidak ada maksud untuk melarikan diri.

"Ketika dia ada kasus, dia ikuti evakuasi sampai enam orang selamat. Ada korban di puskesmas dia ke sana. Ketika ada yang meninggal, dia syok. Oleh karenanya teman relawan nyuruh dia pulang ganti baju, dan kembali ke lokasi. Lalu tengah malam dia dibawa ke Polisi untuk diminta keterangan sampai sekarang," katanya.

Baca Juga: Keluarga Tersangka Susur Sungai Dirundung, Tim Psikolog Akan Dampingi

Topic:

  • Siti Umaiyah
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya