Kondisi Pasien Kasus 49 Positif Covid-19 di RSUP Sardjito Membaik

Kedua orang tua negatif

Sleman, IDN Times - Kondisi pasien bayi laki-laki positif Covid-19, yang dirawat di RSU Sardjito yang diberi nama Kasus 49 mulai membaik.

Kepala Hukum dan Humas RSUP Dr. Sardjito, Banu Hermawan menjelaskan, saat ini bayi yang berumur 3 tahun tersebut sudah tidak menunjukkan gejala pneumonia, seperti sesak napas, batuk, pilek, maupun demam.

Baca Juga: Pasien PDP COVID-19 di RSUD Bantul Bertambah 1 Orang

1. Perkembangan sangat signifikan

Kondisi Pasien Kasus 49 Positif Covid-19 di RSUP Sardjito MembaikIlustrasi ruang isolasi di RSUP dr Sardjito. IDN Times/Siti Umaiyah

Banu menerangkan, saat ini perkembangan pasien yang bersangkutan sangat signifikan sejak masuk tanggal 9 Maret lalu. Pihaknya akan terus melakukan pemantauan sampai hasil laboratorium menunjukkan hasil negatif.

"Kita harap segera membaik dan bisa pulang. Masih diuji terus, dan perkembangannya sangat signifikan. Tidak panas, tidak batuk, tidak pilek," terangnya pada Selasa (17/3).

2. Harus diuji hingga 3 kali sebelum benar-benar dinyatakan negatif

Kondisi Pasien Kasus 49 Positif Covid-19 di RSUP Sardjito MembaikRSUP dr. Sardjito. IDN Times/Siti Umaiyah

Banu menerangkan, untuk bisa menyatakan pasien yang bersangkutan benar-benar telah sembuh, harus melalui uji laboratorium sebanyak 3 kali sejak dinyatakan positif Covid-19. Pihaknya pun berharap agar keadaan pasien terus membaik.

"Ada masa14 hari yang harus terlampaui, gejala klinis pneumonia sudah tidak ada," paparnya.

3. Uji laboratorium orang tua bayi, negatif Covid-19

Kondisi Pasien Kasus 49 Positif Covid-19 di RSUP Sardjito MembaikKasubag Hukum dan Humas RSUP Dr. Sardjito, Banu Hermawan dalam sesi jumpa pers di Gedung Diklat, RSUP Dr. Sardjito, Selasa (28/1). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Menurut Banu, hasil uji laboratorium orang tua dari pasien bayi, menunjukkan hasil negatif. Meski demikian, status dari kedua orang tua bayi tersebut masih PDP (Pasien Dalam Pengawasan).

"Untuk hasil laboratorium sudah keluar pada Senin (16/3), pukul 18.30 WIB. Karena sudah menunggui anaknya dalam ruang isolasi, ya tetap masih kita tetapkan di situ dulu," paparnya.

Baca Juga: Polisi Ciduk Artis Vanessa Angel dan Suami, Diduga Terjerat Narkoba  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya