Ketua KPK Beberkan 4 Kepribadian Artidjo yang Patut Diteladani

Firli Bahuri mengantar Artidjo ke peristirahatan terakhir

Sleman, IDN Times - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, turut mengantarkan Artidjo Alkostar ke peristirahatan terakhir di kompleks pemakaman Universitas Islam Indonesia (UII), Sleman, DI Yogyakarta, pada Senin (1/3/2021) sekitar pukul 10.29 WIB.

Firli mengungkapkan, duka atas kepergian Artidjo yang merupakan Anggota Dewan Pengawas KPK, bukan hanya dirasakan oleh KPK, namun juga seluruh bangsa Indonesia.

"Kami berdoa semoga beliau menjadi ahli surga. Semua yang ada di sini menyaksikan betapa baik sosok Artidjo Alkostar," ungkapnya pada Senin (1/3/2021).

Menurut Firli, setidaknya ada empat kepribadian Artidjo yang perlu diteladani. Baik oleh kalangan petugas KPK maupun bangsa Indonesia.

"Saya merasakan setidak-tidaknya ada empat pribadi beliau yang perlu kita teladani," paparnya.

Baca Juga: Melayat Artidjo Alkostar, Jokowi: Integritasnya jadi Teladan  

1. Sosok yang sangat bersahaja

Ketua KPK Beberkan 4 Kepribadian Artidjo yang Patut DiteladaniPemakaman Artidjo Alkostar. IDN Times/Siti Umaiyah

Firli menjelaskan, sosok Artidjo sangatlah sederhana. Hal yang selalu Firli ingat yakni Artidjo tidak pernah meminta apa-apa kepada negara.

"Pertama beliau sangat sederhana, beliau terima apa adanya dan tidak pernah mencari-cari atau meminta kepada negara," katanya.

2. Selalu bersyukur

Ketua KPK Beberkan 4 Kepribadian Artidjo yang Patut DiteladaniKetua KPK, Firli Bahuri. IDN Times/Siti Umaiyah

Di mata Firli, Artidjo juga merupakan sosok yang memiliki prinsip selalu bersyukur. Artidjo juga merupakan sosok yang ikhlas dan sabar dengan apa yang ada.

"Kedua beliau memiliki prinsip selalu bersyukur ikhlas dan sabar dengan apa yang kita terima dan tentu apa yang akan diberikan," terangnya.

3. Selalu berpesan untuk jaga integritas

Ketua KPK Beberkan 4 Kepribadian Artidjo yang Patut DiteladaniPemakaman Artidjo Alkostar. IDN Times/Siti Umaiyah

Firli juga ingat benar atas pesan yang diberikan Artidjo kepadanya, di mana dirinya diminta untuk selalu menjaga integritas. Sebagai Ketua KPK, Firli diminta untuk tetap berani agar bisa menjalankan tugas dengan baik.

"Ketiga, beliau selalu mengatakan kepada saya, Pak Firli, jaga integritas, tetaplah berani supaya kita bisa melaksanakan tugas, saya kira itu pesan beliau," paparnya.

4. Seluruh bangsa Indonesia merasa kehilangan

Ketua KPK Beberkan 4 Kepribadian Artidjo yang Patut DiteladaniPresiden RI Joko Widodo menyalatkan jenazah almarhum Artidjo Alkostar. Dok. BPMI Sekretariat Presiden

Terakhir, Firli mengungkapkan jika duka atas meninggalnya Artidjo bukan hanya dirasakan oleh KPK, namun juga bangsa Indonesia. Menurut Firli, apa yang telah diberikan oleh Artidjo, akan selalu menjadi inspirasi bagi KPK.

"Kita jadikan apa yang beliau berikan kepada kami, akan menjadi inspirasi. Semangat kita untuk terus melakukan pemberantasan korupsi. Jadikan lebih banyak lagi orang yang memiliki semangat pemberantasan korupsi, sebagaimana Pak Artidjo," katanya.

Baca Juga: Meninggal Dunia, Fakta-fakta Artidjo Alkostar yang Ditakuti Koruptor

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya