Keren, Mahasiswa Teknologi Pertanian UGM Borong 62 Medali  

3 medali di antaranya sebagai The Most Favorite  

Sleman, IDN Times - Prestasi membanggakan berhasil diraih tim mahasiswa Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (DTPB FTP UGM) dalam ajang Agricultural Engineering-Annual Regional Convention (AE-ARC) 2021. Pasalnya dalam acara tahunan, tim FTP UGM berhasil memborong sebanyak 62 medali.

1. Ada 38 tim yang dikirimkan

Keren, Mahasiswa Teknologi Pertanian UGM Borong 62 Medali  Fakultas Teknologi Pertanian UGM. Dok: tp.ugm.ac.id

Tim pembimbing delegasi DTPB FTP UGM, Andri Prima Nugroho menjelaskan ajang AE-ARC tahun ini diselenggarakan secara daring pada 10 Agustus 2021. Ada sebanyak 38 tim dengan 39 inovasi yang dikirimkan.

"Tim yang dikirim diikutsertakan dalam seluruh kategori yakni 36 poster, 12 research output video, 7 model construction video, serta 7 riset paper," ungkapnya pada Jumat (13/8/2021).

Baca Juga: Mengintip Alat Analisis Luka Diabetes Berbasis AI Karya Mahasiswa UGM

2. Ada 21 medali emas yang berhasil diraih

Keren, Mahasiswa Teknologi Pertanian UGM Borong 62 Medali  Fakultas Teknologi Pertanian UGM. Dok: tp.ugm.ac.id

Sebanyak 62 medali yang berhasil diborong terdiri dari 21 medali emas, 28 medali perak, 10 medali perunggu, serta 3 medali The Most Favorite. Pihaknya pun berupaya mendorong mahasiswa untuk berpartisipasi dalam pertemuan dan perlombaan ini.

"Alhamdullilah dari 38 tim yang dikirim bisa menyabet 62 medali. Capaian ini menjadi prestasi yang membanggakan dan semoga bisa terus dipertahankan serta menginspirasi mahasiswa lainnya," katanya.

3. Inovasi yang ada diharapkan berikan kontribusi positif

Keren, Mahasiswa Teknologi Pertanian UGM Borong 62 Medali  ugm.ac.id

Ketua Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Prof. Lilik Soetiarso menyampaikan rasa bangga kepada para mahasiswa yang telah berkompetisi di AE-ARC. Menurutnya, sebagian besar inovasi yang ikut dalam kompetisi ini adalah hasil penelitian terbaru di bidang teknologi pertanian.

"Inovasi diharapkan akan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan Iptek serta berkontribusi pada perkembangan sektor teknologi pertanian Indonesia," paparnya.

AE-ARC 2021 mengusung tema 'Advancement of IR 4.0 for Agriculture Sustainability and Food Security'. Kompetisi mempertandingkan empat bidang lomba yaitu poster, research output video, model construction video dan paper yang terbagi dalam beberapa sub tema. Sub tema tersebut antara lain di bidang agricultural engineering, food engineering, biotechnology, green technology, dan agricultural waste management.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya