Comscore Tracker

Kasus DBD di Kabupaten Sleman Menurun Drastis, Januari-Maret 88 Kasus

Kesadaran masyarakat turut mempengaruhi turunnya kasus DBD

Sleman, IDN Times - Jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Sleman mengalami penurunan yang cukup drastis pada tahun ini. Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Dulzaini mengungkapkan, dari periode Januari hingga 22 April 2021, hanya ditemukan sebanyak 88 kasus DBD.

Baca Juga: Cegah Varian Baru COVID-19, UGM:  Pemerintah Jangan Izinkan Masuk WNA

1. Turun 3-4 kali lipat

Kasus DBD di Kabupaten Sleman Menurun Drastis, Januari-Maret 88 KasusIlustrasi pasien DBD. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Dulzaini memaparkan, jika dirata-rata penurunan kasus DBD pada tahun ini berkisar antara 3-4 kali lipat. Di mana di tahun 2020 periode Januari-Maret ada sebanyak 399 kasus, tahun ini di periode yang sama hanya ada 87 kasus.

"Menurun 3-4 kali tiap bulannya. 2020 Januari-Maret 399 kasus. 2021 Januari-maret 87 kasus," ungkapnya pada Rabu (28/4/2021).

2. Kesadaran masyarakat berpengaruh

Kasus DBD di Kabupaten Sleman Menurun Drastis, Januari-Maret 88 KasusIlustrasi (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Dari analisis secara umum, penurunan kasus DBD di Kabupaten Sleman dilatarbelakangi kesadaran masyarakat untuk melakukan pencegahan yang sudah semakin bagus. Selain itu, curah hujan yang lebih rendah juga memberikan pengaruh.

"Kesadaran masyarakat. Pengaruh cuaca dengan curah hujan lebih rendah," terangnya.

3. Akan lakukan pelepasan Nyamuk Wolbachia

Kasus DBD di Kabupaten Sleman Menurun Drastis, Januari-Maret 88 KasusUGM dan WMP raih penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI). Dok: istimewa

Berkenaan dengan program pelepasan Nyamuk Wolbachia yang dilakukan di 3 wilayah di Nogotirto, Gamping, beberapa saat lalu juga cukup berpengaruh terhadap penurunan kasus DBD menurut Dulzaini. Oleh karenanya, pada Mei mendatang, Dinkes Sleman akan melakukan pelepasan Nyamuk Wolbachia di 39 kalurahan yang tersebar di 13 kapanewon.

"Di Sleman sudah ada tiga dukuh yang dilepas Nyamuk Wolbachia di wilayah Nogotirto, Gamping. Di tiga wilayah tersebut kasus DBD jarang ada," paparnya.

Baca Juga: Sejak Awal Pandemik, Sleman Catatkan Total 13.759 Kasus COVID-19

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya